Percepat Vaksinasi Lansia, Pemkot Surakarta Libatkan Pihak Ketiga

- Minggu, 30 Mei 2021 | 07:50 WIB
TERIMA VAKSIN : Seorang lansia menerima suntikan vaksin Covid-19 di Puskesmas Gajahan. (Foto: suaramerdeka.com-solo/dok) (Agustinus Ariawan)
TERIMA VAKSIN : Seorang lansia menerima suntikan vaksin Covid-19 di Puskesmas Gajahan. (Foto: suaramerdeka.com-solo/dok) (Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka.com-solo - Pemkot Surakarta bakal melibatkan pihak ketiga, guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di Kota Solo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan, pihak ketiga itu akan bertugas mendatangi dan mendata para lansia yang belum tercantum dalam daftar calon penerima vaksin.

“Kami akan menggandeng Shopee (marketplace) untuk percepatan vaksinasi lansia. Pihak Shopee akan menerjunkan tim untuk menyisir lansia,” jelas dia.

Rencananya penyisiran lansia, terutama yang belum menerima vaksin, dimulai awal bulan depan. Targetnya 5.000 orang.

Pelibatan pihak ketiga, menurut Siti, dimaksudkan sebagai akselerasi capaian vaksinasi terhadap lansia.

Apalagi hingga akhir Mei 2021, vaksinasi tersebut baru diberikan kepada 41.481 orang dari total sasaran 49.000 orang. Jika dipersentase, capaian vaksinasi di Solo baru berkisar 82,99 persen.

Angka itu lebih rendah dibandingkan kelompok sasaran vaksinasi lainnya. Vaksinasi kepada petugas kesehatan misalnya, telah mencapai 114,1 persen dari total target.

Bahkan vaksinasi kepada petugas publik telah berkisar 206,11 persen.

“Makanya kami membuka diri terhadap siapapun yang mau membantu pemerintah, dalam rangka percepatan vaksinasi lansia di Kota Solo,” tegas Siti.

Tak hanya itu, prosedur pemberian vaksin bagi lansia juga dipermudah. “Kami tidak lagi mewajibkan adanya pendaftaran awal. Mereka (lansia) cukup datang ke fasilitas layanan kesehatan terdekat dengan membawa KTP.”

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Mapala Arcapada Unisri Gelar Ekspedisi Spesialisasi

Selasa, 21 September 2021 | 13:11 WIB

RSUD Bung Karno Solo Siapkan Layanan Hemodialisa

Jumat, 17 September 2021 | 09:50 WIB
X