50 Persen Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau Sukoharjo untuk Kesejahteraan Masyarakat

- Selasa, 16 November 2021 | 11:09 WIB
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo Bagas Windaryatno melihat tanaman tembakau petani Sukoharjo. (SMSolo/dok)
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo Bagas Windaryatno melihat tanaman tembakau petani Sukoharjo. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Alokasi anggaran dari Bagi Hasil Cukai Tembakau (BHCT) yang diterima di Kabupaten Sukoharjo tahun 2021 senilai Rp 6,9 miliar, sebagian dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal itu sesuai PMK Nomor 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

Pengaturan DBHCHT saat ini berfokus pada kuantitas jaminan kesehatan nasional dan pemulihan perekonomian daerah.

Baca Juga: Kejam! Kualifikasi Piala Dunia 2022, Inggris Pesta 10 Gol ke Gawang San Marino

Dimana, persentase penggunaan DBHCHT adalah 25 persen untuk penegakan hukum, 25 persen untuk kesehatan dan 50 persen untuk kesejahteraan masyarakat.

"Sesuai PMK, penggunaan DBHCHT dapat menjadi salah satu sumber pendanaan dalam mendukung bidang kesehatan. Khususnya melalui kegiatan pelayanan kesehatan dan upaya penanganan pandemi corona,” kata Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Baca Juga: Polres Karanganyar Siapkan Personel dan Sarpras untuk Penanganan Kebencanaan

Di bidang kesejahteraan masyarakat, lanjut bupati, diatur dalam PMK itu. Alokasi penggunaan DBHCHT ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh tani tembakau, buruh pabrik rokok, dan/atau petani tembakau yang mana telah memberikan kontribusi terkait penerimaan cukai hasil tembakau.

Alokasi 50 persen untuk kesejahteraan masyarakat ini dibagi menjadi 35 persen untuk pemberian bantuan dan 15 persen untuk peningkatan keterampilan kerja.

“Di Sukoharjo, alokasi DBHCHT dibagi menjadi 3 bidang. Yakni, bidang kesejahteraan masyarakat, bidang penegakan hukum dan bidang kesehatan,” katanya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kartasura dan Grogol Sukoharjo juga Dilanda Banjir

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:27 WIB

Dari 150 Desa 19 Desa di Sukoharjo Belum Punya BUMDes

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:59 WIB

Warga Kurang Mampu di Sukoharjo Kembali Dapat Bantuan

Senin, 17 Januari 2022 | 15:05 WIB

Gropyokan Tikus, Pemdes Pranan Berikan Bonus

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:46 WIB
X