Stigma Negatif Masih Sering Muncul, Eks Napiter Ingin Hidup Normal

- Selasa, 16 November 2021 | 19:48 WIB
Joko Tri Hermanto alias Jack Harun, eks napiter Bom Bali I saat berbincang santai di Ayam Kendil Laweyan, Selasa (16/11). (SMSolo/Sri Hartanto)
Joko Tri Hermanto alias Jack Harun, eks napiter Bom Bali I saat berbincang santai di Ayam Kendil Laweyan, Selasa (16/11). (SMSolo/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Mantan narapidana terorisme (napiter) yang sudah kembali ke pangkuan ibu pertiwi, punya keinginan dapat hidup normal di tengah masyarakat.

Sebab selama ini, masih muncul stigma negatif tentang keberadaan eks napiter di tengah masyarakat.

"Memang ada stigma seperti itu. Padahal, kami juga ingin kembali dan berkumpul dengan masyarakat yang lain," terang Joko Trihermanto, eks napiter Bom Bali I saat berbincang santai, Selasa (16/11) siang.

Baca Juga: Hujan dan Debit Air Sungai Siwaluh Naik, Pencarian Sastro Setu Kembali Dihentikan

Bapak lima anak yang akrab disapa Jack Harun tersebut menjelaskan butuh waktu untuk mendapatkan kepercayaan kembali dari masyarakat.

Kepercayaan itu didapat dengan saling terbuka dan dapat berkomunikasi aktif dengan berbagai pihak. Baik dari eks napiter maupun pihak terkait.

"Intinya, jangan menutup diri. Jika seperti itu, masyarakat malah takut. Apalagi, dari unsur aparat dan masyarakat sekitar. Jika kita terbuka, dengan mengikuti kegiatan masyarakat, berkomunikasi dan lain sebagainya, secara lambat laun pasti kembali membuka kepercayaan dari warga sekitar," terang eks napiter Bom Bali I yang kini membuka warung soto di Kawasan Grogol, Sukoharjo itu.

Baca Juga: Terdampak Pembangunan Elevated Railway, 551 Penghuni Lahan PT KAI di Solo Terima Santunan

Menurutnya, mereka yang masuk ke dalam jaringan teroris hanyalah salah jalan dalam berjihad. Perlu melibatkan banyak pihak, sebagai bentuk upaya pencegahan agar mereka kembali menjadi warga negara yang baik.

Dengan begitu, apa yang mereka lakukan tidak kembali ke jalan yang salah lagi dan tentu saja akan merugikan orang lain yang tidak berdosa.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Abipraya Arena Diluncurkan, Jadi Area Esport Jateng

Minggu, 25 September 2022 | 17:17 WIB
X