Genjot Produksi Padi, Bupati Klaten Serahkan Bantuan Alsintan Rp 5,282 miliar, Ini Wujudnya

- Selasa, 16 November 2021 | 21:05 WIB
Bupati Sri Mulyani menyiram air kembang sebelum menyerahkan 19 unit alsintan dan 19 paket bantuan kepada kelompok tani di alua DPKPP Klaten, Selasa (16/11/21). (SMSolo/Mera S)
Bupati Sri Mulyani menyiram air kembang sebelum menyerahkan 19 unit alsintan dan 19 paket bantuan kepada kelompok tani di alua DPKPP Klaten, Selasa (16/11/21). (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Kelompok Tani dan ternak di Kabupaten Klaten mendapat kucuran bantuan 19 unit alat mesin pertanian (Alsintan) dan 19 paket bantuan senilai total Rp 5,282 miliar dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Perikanan dan Kelautan RI.

Bantuan aspirasi Ketua DPR RI Puan Maharani itu diserahkan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani kepada kelompok tani dan ternak di aula Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Selasa (16/11/21).

"Semoga bantuan alsintan bisa meningkatkan produksi dan surplus padi, serta mempertahankan Klaten sebagai lumbung pangan nasional. Saya harap alsintannya dirawat dengan baik agar manfaat maksimal," kata Bupati Sri Mulyani.

Baca Juga: Stigma Negatif Masih Sering Muncul, Eks Napiter Ingin Hidup Normal

Bantuan 3 unit traktor roda 4 senilai Rp 1,026 miliar diserahkan pada Kelompok Tani Pusposari Desa Randulanang, Jatinom, 4 unit hand traktor roda 2 senilai Rp 106 juta untuk Kelompok Tani Subur Makmur 2 Desa Padas, Kecamatan Karanganom.

Dua unit rice transplanter senilai Rp 160 juta untuk Poktan Mardi Lestari Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, dan 4 unit cultivator senilai Rp 60 juta untuk Poktan Budi Santosa, Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring.

Satu unit power thresher multiguna tipe mobil senilai Rp 45 juta untuk Poktan Nuju Makmur Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring dan 5 unit combine harvester tipe besar senilai Rp 2,25 miliar untuk Poktan Makmur, Desa Demak Ijo, Kecamatan Karangnongko.

Baca Juga: 258 Pesilat Jateng Beradu Ketrampilan Jurus, Final Digelar di Karimunjawa

Selain itu, ada 5 unit pengolahan pupuk organik senilai Rp 1 miliar untuk Gapoktan Buyub Tani Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas, 2 paket bioflok senilai Rp 350 juta untuk kelompok Ikan Mino Katon, Desa Somokaton, Kecamatan Karangnongko.

Bantuan kambing senilai Rp 250 juta untuk Kelompok Ternak Mekar Sari, Desa Randulanang, Kecamatan Jatinom dan bantuan ayam senilai Rp 35 juta untuk Kelompok Ternak Mutiara Merah Desa Jombor, Kecamatan Ceper.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X