Gibran Cabut Larangan Balita dan Lansia Masuk Mal

- Rabu, 2 Juni 2021 | 19:14 WIB
Pengunjung mengamati barang yang dipadang di salah satu Mal di Kota Solo, Rabu (2/6/2021). SMSolo/instagram (Agustinus Ariawan)
Pengunjung mengamati barang yang dipadang di salah satu Mal di Kota Solo, Rabu (2/6/2021). SMSolo/instagram (Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pemkot Surakarta memutuskan untuk mencabut larangan anak berusia di bawah lima tahun (balita), ibu hamil dan lansia untuk memasuki mal, pasar modern dan tempat hiburan/wisata di Kota Solo.

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 067/1653 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM) dan Mengoptimalkan Peran Satuan Tugas Tingkat Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Surakarta.

"Larangan masuk mal untuk balita, termasuk tempat wisata seperti Jurug dan Balekambang, memang sudah kami cabut," terang Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Rabu (2/6/2021).

Menurut Gibran, kebijakan itu tidak didasari permintaan khalayak. "Kami lihat angka penyebaran (Covid-19) di Solo sudah membaik. Pascalebaran juga tidak ada lonjakan-lonjakan yang menakutkan. Yang penting kesehatan kita jaga, ekonomi juga harus jalan."

Untuk diketahui, larangan bagi balita, ibu hamil dan lansia untuk memasuki pusat perbelanjaan, tempat hiburan/wisata telah diberlakukan Pemkot sejak tahun lalu. Kebijakan ini dimaksudkan guna mengurangi potensi kelompok rentan terhadap infeksi virus korona.

Meski demikian Wali Kota menekankan jika balita, ibu hamil dan lansia tetap riskan terpapar Covid-19. "Makanya SOP akan kami perketat, misalnya balita harus tetap pakai masker saat masuk mal. (Karyawan) mal-mal juga kami vaksin dulu. Nanti setiap dua minggu juga kami evaluasi," tandas Gibran. *

Pengunjung mengamati barang yang dipadang di salah satu Mal di Kota Solo, Rabu (2/6/2021). SMSolo/Agustinus Ariawan

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Rektor UNS Mantu, Ijab Kabul Digelar Secara Daring

Jumat, 8 Oktober 2021 | 22:09 WIB

Pengurus GWS DPC Surakarta Dilantik

Jumat, 8 Oktober 2021 | 17:45 WIB

Solo di Mata Pemandu Wisata

Minggu, 3 Oktober 2021 | 07:05 WIB
X