Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Bupati Klaten Terbitkan Inbup agar ASN Beli Beras Rojolele  

- Kamis, 18 November 2021 | 12:19 WIB
Bupati Sri Mulyani memanen padi rojolele Srinuk di Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Klaten. (SMSolo/Mera S)
Bupati Sri Mulyani memanen padi rojolele Srinuk di Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Klaten. (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Klaten terus berupaya meningkatkan produksi padi dan mempertahankan posisi sebagai lumbung pangan nasional.

Selain itu, Pemkab Klaten sedang berupaya mendongkrak pamor rojolele baru jenis Srinar dan Srinuk yang dikembangkan bekerja sama dengan BATAN.

Untuk mendukung upaya memasyarakatkan padi rojolele dan mencarikan pasar, Bupati Klaten Sri Mulyani menerbitkan Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2021.

Baca Juga: Gibran Hadiri Upacara Hari Jadi Karanganyar, Juliyatmono Menilai Sangat Spesial

Isinya, ASN dan pegawai BUMD diminta membeli beras rojolele. Isntruksi itu memberi peluang pasar yang pasti bagi petani.

"Pengembangan rojolele terus dilakukan. Padi ini unggul karena penanaman dan pemeliharaan seperti padi biasa, namun panen bagus dan nilai jual tinggi, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani," kata Bupati Klaten Sri Mulyani.

Baca Juga: Pengosongan Bangunan Terdampak Proyek Elevated Railway di Solo Ditarget Sepekan

Oktober lalu, Bupati Klaten Sri Mulyani melakukan panen padi rojolele Srinuk di persawahan Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Hasilnya memuaskan. Pekan depan, akan kembali dilakukan panen di Desa Damakijo, Kecamatan Karangnongko.

Bupati berharap petani Klaten bersedia mengembangkan padi rojolele yang dikenal sebagai padi unggul khas Klaten. Pengembangan varietas baru rojolele diharapkan akan mengembalikan pamor beras rojolele Klaten.

Baca Juga: Waspada! Kasus DBD di Sukoharjo Meningkat. Hingga November Ada 185 Kasus dan 9 Meninggal

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Purna Tugas, 38 Personel Polres Klaten Diarak Becak

Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
X