Satu Pedagang Positif, Pasar Basin Kebonarum Ditutup

- Rabu, 9 Juni 2021 | 17:10 WIB
Pengumuman Pasar Basin Ditutup. (SMSolo/tangkapan layar).
Pengumuman Pasar Basin Ditutup. (SMSolo/tangkapan layar).

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Pasar Basin di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Klaten terpaksa ditutup selama tiga hari. Terhitung mulai Kamis (10/6/2021) sampai Sabtu (12/6/2021).

Kebijakan itu terpaksa diambil, menyusul adanya satu pedagang yang positif saat tes swab antigen. Camat Kebonarum Mudzakir saat dihubungi suaramerdeka-solo.com, Rabu (9/6/2021), membenarkan.

Menurut dia, langkah itu ditempuh untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di antara pedagang dan pengunjung pasar.

"Iya betul, Pasar Basin ditutup untuk pencegahan dan pengendalian covid-19. Semoga hanya 1 orang saja. Langkah ini kami ambil bersama Gugus Tugas Kecamatan dan desa," kata Mudzakir.

Baca Juga: Zona Merah, Akses ke Jetis Manisrenggo Klaten Ditutup

Untuk mengantisipasi meluasnya penularan covid-19, Dinas Kesehatan bersama Gugus Tugas telah melakukan tracing pada para pedagang yang berjualan di dekat pegadang yang positif dan yang melakukan kontak erat.

"Dari hasil tracing yang dilakukan, ada 7 pedagang yang punya riwayat kontak erat. Rencananya, besok Kamis (10/6/2021), akan dilakukan tes swab antigen," kata Camat.

Selain itu, untuk mengantisipasi adanya virus di pasar tersebut, akan dilakukan sterilasi dan penyemprotan desinfektan di seluruh lokasi pasar dan sekitarnya pada Rabu (9/6/2021) malam dan Kamis (10/6/2021).

Jadi untuk sementara waktu, pasar akan tutup sambil melihat perkembangan dan menunggu hasil tes swab yang dilakukan. Dia berharap, tidak ada penularan virus sehingga pasar bisa beoperasi kembali.*

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X