Kali Cabak Meluap, Sejumlah Wilayah di Mojolaban, Sukoharjo Tergenang

- Sabtu, 20 November 2021 | 09:39 WIB
Petugas BPBD Kabupaten Sukoharjo, Tim SAR, relawan dan warga membersihkan sampah yang tersangkut di jembatanPeren Desa Pandeyan, Mojolaban, Sukoharjo, Sabtu (20/11). (SMSolo/dok BPBD)
Petugas BPBD Kabupaten Sukoharjo, Tim SAR, relawan dan warga membersihkan sampah yang tersangkut di jembatanPeren Desa Pandeyan, Mojolaban, Sukoharjo, Sabtu (20/11). (SMSolo/dok BPBD)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sukoharjo pada Jumat (19/11) sore hingga malam menyebabkan luapan air sungai di wilayah Kecamatan Mojolaban.

Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, warga yang terdampak genangan banjir ada di Dukuh Pengin RT 02 RW 03 Desa Cangkol, Mojolaban.

"Dari keterangan pak RT dan warga setempat khususnya di Dukuh Pengin RT 02 RW 03 sementara aman. Air sudah berangsur angs ur mulai surut," ujar Maryanto, Sabtu (20/11).

Baca Juga: 100 Hari Wafatnya Mangkunegara IX: Raja Baru Pura Mangkunegaran Tunggu Pembicaraan Keluarga Inti

Menurut Maryanto, ketinggian genangan bervariasi mulai 30 centimeter hingga 70 centimeter. Kendati demikian, pada Jumat (19/11) sekitar pukul 23.00 WIB, air sudah mulai surut.

"Kalau genangan di sana itu lebih karena luapan dari Kali Cabak. Terlebih durasi hujan yang lama. Tapi semua sudah terkondisikan," jelas Maryanto.

Baca Juga: Pengosongan Rawa Jombor Mencapai 75 Persen, Bupati Puji Peran TNI

Camat Mojolaban Joko Windarto membenarkan ada sebagian wilayahnya yang terdampak luapan Kali Cabak. Namun demikian saat ini kondisinya secara umum sudah terkendali.

"Kami sudah bersama-sama dengan pihak terkait ada Satpol, BPBD serta yang lain sudah melakukan upaya terkait luapan Kali Cabak. Yang jelas sejauh ini kondisinya sudah terkendali," jelas Joko.

Selain di Cangkol, pihaknya juga mendapat laporan dari wilayah Kesongo Desa Tegalmade dan sekitarnya semalam ada yang mulai terdampak luapan Kali Samin.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Kurang Mampu di Sukoharjo Kembali Dapat Bantuan

Senin, 17 Januari 2022 | 15:05 WIB

Gropyokan Tikus, Pemdes Pranan Berikan Bonus

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:46 WIB
X