Dinas Pertanian Sukoharjo Sosialisikan Penggunaan Drone pada Petani

- Senin, 22 November 2021 | 18:33 WIB
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo menyosialisasikan penggunaan drone untuk pertanian. (SMSolo/dok)
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo menyosialisasikan penggunaan drone untuk pertanian. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo mulai menyosialisikan penggunaan teknologi pertanian pada kelompok tani.

Khususnya penggunaan pesawat drone. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno mengatakan, penggunaan teknologi pertanian, khususnya pesawat drone sangat efisien untuk membantu produksi pertanian.

"Dalam demo penggunaan drone untuk penyemprotan pestisida pengendalian hama, drone sangat cepat dan efisien. Dalam satu hektar lahan hanya dibutuhkan waktu 20 menit," jelas Bagas.

Baca Juga: Bikin Resah, 18 Motor Berknalpot Brong Diamankan Polres Klaten

Dengan kondisi tersebut, lanjut Bagas, biaya produksi pertanian akan menjadi lebih ekonomis serta jangkauan areanya lebih luas. Dibandingkan dengan cara manual.

Karena itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi penggunaan alat ini pada kelompok tani di Kabupaten Sukoharjo.

Dengan penggunaan teknologi pertanian tersebut, diharapkan semakin membantu petani dalam menggenjot produksi serta tindakan percepatan yang harus segera dilakukan. Terlebih IP 400 yang membutuhkan efisiensi waktu.

Baca Juga: Terancam Ambrol Jembatan Perbatasan Desa di Boyolali Ditutup

"Harapannya dengan alat ini pemupukan, penyemprotan ketika terjadi serangan hama akan lebih cepat dalam melakukan tindakan dan maksimal serta efisien."

Terkait dengan drone itu sendiri, pihaknya mengakui baru mengajukan anggaran untuk pengadaannya. DPRD sendiri, dalam hal ini Ketua DPRD Sukoharjo dan Komisi II, juga sudah memberikan sinyal positif. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Kurang Mampu di Sukoharjo Kembali Dapat Bantuan

Senin, 17 Januari 2022 | 15:05 WIB

Gropyokan Tikus, Pemdes Pranan Berikan Bonus

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:46 WIB
X