Tertunda Bertahun-tahun, Akhirnya Pasar Mangi Pedan Dibangun

- Senin, 22 November 2021 | 19:03 WIB
Kades Temuwangi Marwan Tujiarto menemui para pedagang Pasar Mangi. (SMSolo/Mera S)
Kades Temuwangi Marwan Tujiarto menemui para pedagang Pasar Mangi. (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Setelah rencana pembangunan Pasar Mangi di Jalan Raya Pedan-Cawas di Desa Temuwangi, Kecamatan Pedan, Klaten tertunda selama bertahun-tahun, tahun ini berhasil dibangun.

Pembangunan pasar menggunakan dana CSR BRI senilai Rp 341 juta lebih.

Pedagang pasar tradisional yang semula langganan banjir itu kini akan menempati bangunan los pasar seluas 40 x 12 meter persegi. Bangunan pasar dibuat lebih tinggi sekitar 1 meter dari permukaan tanah.

Baca Juga: Dinas Pertanian Sukoharjo Sosialisikan Penggunaan Drone pada Petani

"Alhamdulillah, tahun 2021 ini, Pasar Mangi akhirnya bisa dibangun dengan dana CSR dari BRI senilai Rp 341 juta lebih. Diharapkan, los pasar yang jauh lebih layak bisa segera ditempati para pedagang," kata Kades Temuwangi, Marwan Tujiarto.

Pembangunan Pasar Mangi telah dimulai sejak September 2021 silam. Diperkirakan, dalam waktu dekat pembangunan akan selesai, dan akhir tahun ini sudah bisa ditempati para pedagang. Saat ini, sebagian pedagang sudah menempati los.

‘’Ada 60 pedagang oprokan yang berjualan di Pasar Mangi, nantinya mereka akan dipindahkan ke los pasar baru. Untuk penempatannya akan dilakukan pengundian, agar adil dan tidak ada yang saling iri antar pedagang,’’ kata Marwan saat meninjau pasar di samping Balai Desa itu.

Baca Juga: Terancam Ambrol Jembatan Perbatasan Desa di Boyolali Ditutup

Pasar Mangi sudah lama rusak dan sering kebanjiran, sehingga pedagang tidak leluasa dalam berjualan. Namun saat ini, banjir sudah bisa diatasi karena Pemerintah Desa Temuwangi membangun saluran yang mengalirkan air ke avur.

Sutinah, salah satu pedagang mengaku senang dengan dibangunnya Pasar Mangi. Sebelumnya dia menempati los yang sudah tua dan rusak. Saat ini, dia sudah menggelar dagangan di los baru, namun dia tak keberatan bila nantinya penempatan akan diundi.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Purna Tugas, 38 Personel Polres Klaten Diarak Becak

Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
X