Bupati Klaten Luncurkan SAENAGA, Absensi Elektronik Bagi ASN

- Selasa, 23 November 2021 | 07:30 WIB
Bupati Sri Mulyani meluncurkan aplikasi SAENAGA di Pendapa Pemkab Klaten. (SMSolo/Mera S)
Bupati Sri Mulyani meluncurkan aplikasi SAENAGA di Pendapa Pemkab Klaten. (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Klaten resmi meluncurkan Sistem Informasi Presensi Elektronik Abdi Satya Negara atau SAENAGA. Aplikasi berbasis android untuk absensi secara elektronik bagi ASN.

Peluncuran SAENAGA dilakukan Bupati Sri Mulyani dengan pemukulan gong usai rakor rutin di Pendapa Pemkab Klaten, Senin (22/11/21).

Peluncurkan disaksikan Wakil Bupati Yoga Hardaya, Sekda Jaka Sawaldi, para Asisten, kepala OPD, camat dan tamu undangan.

Baca Juga: Tarif GoFood Diturunkan, Ratusan Ojol di Solo Demo

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten Surti Hatini mengatakan, SAENAGA untuk meningkatkan profesionalitas, integritas, dan disiplin ASN di Klaten.

"ASN melaksanakan tugas membantu Kepala Daerah menjalankan roda pemerintahan. ASN mempunyai tiga fungsi, yakni pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat pemersatu bangsa," kata Surti Hartini.

SAENAGA diadopsi dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah, kemudian dikembangkan BKPPD Bersama dan Dinas Kominfo Klaten.

Aplikasi itu sudah disosialisasi sejak Oktober 2021 lalu dan mulai diterapkan Senin (22/11/21).

Baca Juga: Vakum Enam Tahun, Rock In Solo Siap Digelar 18 Desember 2021

"SAENAGA sudah diuji coba terbatas selama 3 bulan di BKPPD, BPKD, Inspektorat, DPMPTSP, Disperwaskim, Dinas Kesehatan, serta di 200 sekolah dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Hari ini, ASN sudah presensi dengan SAENAGA," ujar Surti.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Purna Tugas, 38 Personel Polres Klaten Diarak Becak

Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
X