Panen Rojolele Srinuk, Bupati Klaten Kukuhkan Petani Milenial Demakijo

- Selasa, 23 November 2021 | 20:15 WIB
Bupati melakukan panen raya padi rojolele Srinuk di Desa Demakijo, Karangnongko, Klaten. (SMSolo/dok)
Bupati melakukan panen raya padi rojolele Srinuk di Desa Demakijo, Karangnongko, Klaten. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Bupati Klaten Sri Mulyani mengawali panen raya padi Rojolele Srinuk di areal seluas 6,5 hektar di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Selasa (23/11/21). Diperkirakan hasil panen mencapai 67 ton.

Sejalan dengan upaya Pemkab Klaten melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) mendongkrak produksi padi Rojolele, Pemkab juga memperluas jaringan pemasaran beras unggulan Klaten itu.

"Padi Rojolele diharapkan bisa meningkatkan produksi beras dan menguatkan ketahanan pangan di Kabupaten Klaten. Dengan terbitnya Instruksi Bupati Klaten Nomor 1 Tahun 2021, penyerapan beras rojolele dimulai dari ASN melalui skema tunjangan beras," kata Bupati.

Baca Juga: Cemburu Istri Chating dengan Pria di Facebook, Seorang Suami di Bali Seret Istrinya Hingga 50 Meter

Kebutuhan beras rojolele untuk ASN dan pegawan BUMD mencapai 96 ton per bulan, namun kapasitas produksi baru sekitar 20 ton per bulan. Dengan demikian, peluang pasar masih terbuka bagi petani yang menanam rojolele.

"Dengan adanya kepastian harga dan kejelasan pemasarannya, ini menjadi peluang bagi petani untuk Bersama-sama mengembangkan padi rojolele yang nantinya akan menjadi kebanggaan Klaten, seperti yang dilakukan petani Demakijo,’’ ujar Bupati.

Baca Juga: Di Sukoharjo, Tingkat Konsumsi Ikan Masih Rendah, Banyak yang Belum Paham Manfaatnya

Kades Demakijo Eri Karyatno, mengungkapkan, desanya menanam padi rojolele Srinuk untuk melestarikan keberadaan padi rojolele sebagai varietas asli Klaten.

Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan petani karena nilai jual beras rojolele yang cukup tinggi, ada kepastian harga dan pasarnya jelas.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sri Mulyani mengukuhkan 15 petani milenial dari Desa Demak Ijo.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Purna Tugas, 38 Personel Polres Klaten Diarak Becak

Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
X