Terdampak Proyek Elevated Railway, Ratusan Bangunan di Lahan PT KAI Mulai Dibongkar

- Rabu, 24 November 2021 | 20:51 WIB
Hunian warga di Kelurahan Nusukan mulai dibongkar usai pemiliknya menerima santunan proyek pembangunan single elevated railway jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro). (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Hunian warga di Kelurahan Nusukan mulai dibongkar usai pemiliknya menerima santunan proyek pembangunan single elevated railway jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro). (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Ratusan bangunan di lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang terdampak proyek pembangunan single elevated railway jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro) mulai dibongkar pemiliknya.

Pembongkaran ini dilakukan usai pemilik bangunan menerima santunan proyek tersebut dari pemerintah.

"Penyaluran santunannya sudah selesai Jumat pekan lalu. Ini beberapa warga mulai mengosongkan bangunan dan membongkarnya," ungkap Lurah Nusukan, Utik Sri Wahyuni.

Baca Juga: Kasus Anak Gugat Ibunya Kandung di Boyolali, Keluarga Tutup Pintu Mediasi  

Di kelurahan tersebut terdapat 244 kepala keluarga (KK) penerima santunan.

"Kami memantau pengosongan atau pembongkaran ini. Kami juga berkoordinasi dengan PDAM dan PLN agar jaringannya dimatikan selama pembongkaran. Sejauh ini warga terus membongkar dan mengambil bagian bangunan yang masih bisa dimanfaatkan."

Di Kelurahan Joglo, penerima santunan juga telah mengosongkan dan mencicil pembongkaran bangunan mereka sejak Minggu (21/11/2021).

Baca Juga: Pondasinya Sudah Ambrol, Rumah di Bantaran Kali Anyar Nyaris Ambruk

"Pencairannya Selasa (16/11) lalu jadi mulai Minggu kemarin sudah mulai dikosongkan dan dibongkar," terang Lurah Joglo, Haryo Seno.

Mayoritas bangunan terdampak pembangunan elevated railway di Joglo adalah hunian dan lokasi usaha di sisi barat Jalan Kolonel Sugiyono.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Perlu Disiplinkan Masyarakat Patuhi Prokes

Kamis, 9 Desember 2021 | 05:42 WIB

Sisihkan Uang Belanja, DWP UNS Gelar Jumat Berbagi

Jumat, 26 November 2021 | 22:05 WIB
X