PT RUM Masuk Klasifikasi PMA, Kewenangan Pemkab Sukoharjo Terbatas dan Terbentur Aturan

- Kamis, 25 November 2021 | 14:48 WIB
Rombongan Komisi IV DPR RI melihat lokasi pipa bocor milik PT RUM Nguter Sukoharjo yang menimbulkan limbah bau beberapa hari lalu. (SMSolo/ist)
Rombongan Komisi IV DPR RI melihat lokasi pipa bocor milik PT RUM Nguter Sukoharjo yang menimbulkan limbah bau beberapa hari lalu. (SMSolo/ist)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Limbah bau PT RUM di Nguter hingga saat ini masih menjadi persoalan bagi masyarakat.

Namun demikian, Pemkab Sukoharjo terbentur dengan aturan karena PT RUM termasuk dalam kriteria perusahaan dengan Penanaman Modal Asing (PMA). Sehingga kewenangan memberikan sanksi hingga pencabutan izin ada di Pusat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agustinus Setyono mengatakan, PT RUM masuk dalam klasifikasi PMA.

Baca Juga: Warga Colomadu Tewas dengan Luka Tusuk Diperut, Polisi Temukan Percikan Darah di Tembok

Dalam posisi seperti itu, sudah ada aturan yang mengaturnya dan tertuang dalam UU Cipta Kerja. Serta PP Nomor 5 Tahun 2021 serta PP No.22 Tahun 2022.

"Kalau sudah bicara PMA, itu kewenangan sepenuhnya ada di Pusat. Yaitu di Kementerian Investasi serta BKPM. Kami yang ada di daerah ini sangat terbatas kewenangannya," jelas Agustinus.

Kendati dengan kewenangan terbatas, Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Bupati Sukoharjo sudah memberikan surat teguran pada pihak PT RUM. Terkait dengan limbah bau yang dalam beberapa waktu terakhir kembali dikeluhkan warga.

Baca Juga: KPPPA Gerah, Kasus Pemerkosaan dan Penganiayaan Siswi SD di Malang Minta Diusut Tuntas

Bupati meminta agar PT RUM melakukan perbaikan akan kebocoran pipa di sana. Kalau memang tidak bisa memperbaiki dalam waktu cepat, Bupati meminta agar untuk sementara waktu PT RUM berhenti operasional.

"Ibu Bupati sudah mengirimkan surat ke PT RUM yang intinya meminta agar kerusakan yang menimbulkan pencemaran segera diperbaiki. Jika memang tidak bisa segera diperbaiki agar menghentikan operasional sementara waktu," jelas mantan Camat Grogol ini.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Sukoharjo Raih Penghargaan JDIHN

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:05 WIB
X