Kabupaten Wonogiri Juara Indeks Daya Saing Daerah Tingkat Jateng

- Kamis, 25 November 2021 | 19:45 WIB
Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo menerima penghargaan Anugerah IDSD dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Kamis (25/11). (SMSolo/Khalid Yogi)
Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo menerima penghargaan Anugerah IDSD dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Kamis (25/11). (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Kabupaten Wonogiri berhasil meraih juara dalam anugerah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) tingkat Provinsi Jateng tahun 2021.

Kabupaten tersebut menempati peringkat satu pada kategori faktor penguat (enabling environment).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda & Litbang) Kabupaten Wonogiri Heru Utomo mengatakan, penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kepada Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo.

Baca Juga: Ratusan Anggota Pemuda Pancasila Geruduk DPRD Solo, Tuntut Puan Maharani Sanksi Junimart Girsang

"Penyerahan hadiahnya hari ini di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang," katanya.

Anugerah yang diterima Wonogiri itu merupakan apresiasi dalam menjalankan Enabling Environment berupa pilar kelembagaan, pilar infrastruktur, dan pilar perekonomian daerah.

"Tahun ini, Wonogiri meraih juara dalam kategori aspek faktor penguat atau enabling environment. Tahun 2020 lalu, Wonogiri juga meraih juara dalam kategori aspek ekosistem inovasi," imbuhnya.

Baca Juga: Tujuh Siswa di Solo Positif Covid-19, PTM di Tiga SD Dihentikan

IDSD merupakan alat ukur untuk mengetahui tingginya indeks daya saing di masing-masing daerah. Ada empat aspek IDSD, yakni aspek penguat (enabling environment), aspek sumberdaya manusia, aspek pasar, dan aspel ekosistem inovasi.

Wonogiri memperoleh skor IDSD tertinggi di aspek penguat. Wonogiri dinilai berhasil mewujudkan tata kelola pemerintahan baik, keamanan dan ketertiban kondusif.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Pemalang Belajar Resi Gudang ke Wonogiri

Senin, 6 Desember 2021 | 19:10 WIB

Pedestrian Tepi Pantai Waduk Gajahmungkur Dioperasikan

Minggu, 5 Desember 2021 | 19:33 WIB

UMK Wonogiri Tahun 2022 Naik Sebesar 12 Ribu Rupiah

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:14 WIB

Imron Rizkyarno Terpilih Jadi Ketua FORKI Wonogiri

Minggu, 28 November 2021 | 16:15 WIB

Sekeliling Waduk Pidekso akan Dijadikan Sabuk Hijau

Kamis, 25 November 2021 | 15:56 WIB
X