Jalur Evakuasi Merapi Rusak Parah, Bupati Klaten: Sudah Dianggarkan Rp 5 Miliar di APBD Tahun 2022

- Sabtu, 27 November 2021 | 12:15 WIB
Bupati Klaten Sri Mulyani bersama Forkopimda memantau proyek di Klaten beberapa waktu lalu. (SMSolo/Mera S)
Bupati Klaten Sri Mulyani bersama Forkopimda memantau proyek di Klaten beberapa waktu lalu. (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.comBupati Klaten Sri Mulyani menegaskan sudah mengalokasikan anggaran Rp 5 miliar untuk perbaikan jalur evakuasi Merapi tahun 2022.

Memang dana itu belum cukup untuk memperbaiki semuanya, karena total dibutuhkan sekitar Rp 25 miliar.

"Soal jalan, DPRD juga sudah menerima audensi. Di ruas jalan itu sudah dipacak Rp 5 miliar, untuk keseluruhan butuh Rp 25 miliar. Jalan di atas tidak sekedar diaspal, tapi harus dicor jadi butuh biaya tinggi,’’ ujar Bupati.

Baca Juga: Buku ''Bondan Nusantara: Mewajah Ketoprak Indonesia'' Diluncurkan

Tahun 2022, Pemkab Klaten mengalokasikan anggaran Rp 100 miliar untuk jalan dan jembatan. Namun, dana itu dibagi di 26 kecamatan, terutama untuk perbaikan jalan yang tertunda tahun 2021 lalu.

Sebenarnya, di Kawasan penambangan pasir lereng Merapi sudah ditetapkan bayar retribusi, baik penambang legal dan ilegal. Faktanya, retribusi tidak sesuai target.

"Kami mohon kerja sama dengan masyarakat di atas, kami melihat kondisi retribusi galian C sangat kecil sekali. Tahun ini, realisasi retribusinya hanya Rp 516 juta, sangat jauh dari target,’’ tegas Bupati.

Baca Juga: Kondisi Koperasi dan UMKM di Solo Cukup Memprihatinkan, Banyak yang Mati Suri

Retribusi sangat kecil, padahal perbaian jalur di lereng Merapi membutuhkan dana besar karena harus dengan konstruksi beton. Bila masyarakat tidak mau bekerja sama akan sulit.

Diakuinya, kerusakan jalur evakuasi Merapi memang dipicu tingginya volume kendaraan pengangkut bahan galian C (pasir dan batu) yang kelebihan muatan.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Purna Tugas, 38 Personel Polres Klaten Diarak Becak

Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
X