Rp 268 Juta DIkucurkan Pemkab Sukoharjo bagi Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik

- Senin, 29 November 2021 | 18:10 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyerahkan bantuan pada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Auditorium menara Wijaya, Senin (29/22/2021).
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyerahkan bantuan pada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Auditorium menara Wijaya, Senin (29/22/2021).

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Sukoharjo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 447 buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Para buruh tersebut menerima BLT untuk tiga bulan, terhitung mulai Oktober. Setiap bulan mendapatkan Rp300 ribu. BLT tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sukoharjo di Auditorium Gedung Menara Wijaya, Senin (29/11/2021).

"Pencairan BLT untuk buuh tani tembakau dan buruh pabrik rokok dilakukan dua tahap. Tahap pertama untuk bulan Oktober dan November dicairkan hari ini dan tahap kedua dicairkan bulan Desember mendatang," terang Kabag Perekonomian Setda Pemkab Sukoharjo, Dian Kurniati.

Baca Juga: Polisi Masih Kembangkan Penyelidikan Penyebab Kematian Parmin, Warga Colomadu

Menurutnya, untuk tahap pertama ini setiap penerima mendapatkan Rp600 ribu untuk dua bulan sekaligus.

Para penerima terdiri dari buruh tani tembakau yang berdomisili di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 266 orang dan buruh pabrik rokok yang berdomisili dan bekerja di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 181 orang.

Baca Juga: Putri Nanda Ika dan Reza Dafa, Duta Kampus Unisri

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan bahwa pandemi corona telah membawa dampak yang signifikan dalam semua sektor kehidupan. Mulai sektor kesehatan, sektor ekonomi, dan sektor pendidikan.

Dampak pandemi tersebit juga sangat dirasakan oleh industri hasil tembakau dari hulu sampai hilir. Saat ini terjadi pengetatan sehingga produsen mengurangi produksi karena penurunan permintaan konsumen dan petani kekurangan serapan permintaan sektor hilir.

Baca Juga: Penggondol Pajero Sport Modus Jual Beli di Solo Baru Dibekuk di Semarang. Ini Tampangnya

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Kurang Mampu di Sukoharjo Kembali Dapat Bantuan

Senin, 17 Januari 2022 | 15:05 WIB

Gropyokan Tikus, Pemdes Pranan Berikan Bonus

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:46 WIB
X