Klaten Siap Antisipasi Varian Baru dan PPKM level 3 di Pergantian Tahun

- Selasa, 30 November 2021 | 07:14 WIB
Bupati Klaten Sri Mulyani memberikan keterangan pada awak media. (SMSolo/Mera S)
Bupati Klaten Sri Mulyani memberikan keterangan pada awak media. (SMSolo/Mera S)

 

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Untuk mengantisipasi varian covid-19 baru, Omicron yang muncul di Afrika, Pemkab Klaten menertibkan protokol kesehatan terutama pakai masker dan memperluas capaian vaksinasi.

"Antisipasi varian baru, ya tertib pakai masker dan harus vaksin, caranya cuma itu,’’ kata Bupati Sri Mulyani, usai menghadiri sidang paripurna persetujuan DPRD Klaten pada RAPBD Klaten Tahun 2022, Senin (29/11/21).

Untuk persiapan pelaksanaan PPKM Level 3 pada akhir tahun 2021, Bupati Sri Mulyani mengatakan tidak masalah, karena Klaten juga pernah menerapkan PPKM Level 4 saat terjadi kasus tertinggi, Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Varian Omicron Ancam Dunia, Luhut: Belum Diperlukan Lockdown

"Ya nantinya akan ada pembatasan, tapi Klaten kan sudah pernah PPKM Level 4 dan level 3, jadi kita sudah pernah mengalaminya. Yan anti akan ada pembatasan, obyek wisata juga ada pembatasan,’’ katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua Tim Ahli Penanganan Covid-19 Klaten, dr Ronny Roekmito MKes secara terpisah. Menurutnya, upaya mencegah tertular varian Omicron yang dikatakan lebih ganas bisa dilakukan dengan tetap menjaga prokes dan vaksinasi.

Baca Juga: Kader Golkar Diminta Intensif Manfaatkan Media Sosial untuk Kampanyekan Airlangga

"Varian Omicron belum masuk Indonesia, tapi tetap harus diantisipasi jangan sampai lengah. Caranya tetap menjaga prokes dan vaksinasi,’’ tegas Ronny yang juga asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra itu.

Terkait rencana penerapan PPKM Level tiga pada akhir tahun 2021 hingga awal 2022, Ronny mengatakan sudah ada pedoman pelaksanaannya dari pusat, yakni Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor: 62 Tahun 2021.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Purna Tugas, 38 Personel Polres Klaten Diarak Becak

Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
X