Inilah Tata Rias Pengantin Khas Boyolali Wahyu Merapi Pacul Goweng  

- Rabu, 1 Desember 2021 | 18:45 WIB
Pasangan model pengantin dengan tata rias khas Wahyu Merapi Pacul Goweng dikirab dalam HUT ke-40 Harpi Melati Boyolali. (SMSolo/Joko Murdowo)
Pasangan model pengantin dengan tata rias khas Wahyu Merapi Pacul Goweng dikirab dalam HUT ke-40 Harpi Melati Boyolali. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Ternyata Kabupaten Boyolali memiliki tata rias khas tersendiri. Namanya tata rias Wahyu Merapi Pacul Goweng.

Bahkan Kemendikbud RI juga telah menetapkan tata rias pengantin khas Boyolali ini sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb).

Menurut Amalia Mallika Sari salah satu perias, tata rias Wahyu Merapi Pacul Goweng sudah ada sejak zaman Pangeran Diponegoro.

Baca Juga: Artis Rame-rame Ajak Masyarakat Berpartisipasi Menyuksesan DBON

Dimana saat itu, salah satu prajurit Diponegoro yang ada di wilayah Selo menikah dengan mengenakan pakaian Wahyu Merapi Pacul Goweng.

Hingga kemudian Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) Melati Boyolali melakukan penggalian sejarah. Akhirnya ditemukan salah satu ciri khas rias pengantin di Boyolali, pada tahun 2015.

Ciri khas tata rias ini terletak pada Sunduk Mentul yang menunjukkan keanekaragaman sumberdaya alam Boyolali. Ada Sunduk Mentul berbentuk matahari, pepaya, bunga mawar, tembakau dan sapi.

Baca Juga: Polisi Buru Pembuang Bayi di Desa Pondok Kecamatan Nguter

"Motif Paes pada pengantin wanita juga memiliki ciri khas sendiri,” katanya, Rabu (1/12).

Ditemui wartawan disela Peringatan HUT ke-40 HarpiMelati Boyolali, dia menjelaskan, motif paes pada tata rias pengantin Wahyu Merapi Pacul Goweng menggunakan corak Panuggolo Merapi Merbabu.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kecamatan Gladagsari, Boyolali Punya Kantor Baru

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:06 WIB

Ratusan Knalpot Brong Dimusnahkan Polres Boyolali

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:37 WIB

Boyolali Mulai Vaksinasi Anak Dosis Kedua

Selasa, 18 Januari 2022 | 04:30 WIB

Tingkatkan Layanan, RSUPA Boyolali Tambah Tiga Gedung

Senin, 17 Januari 2022 | 16:38 WIB
X