Pemkab Klaten Gelar Rakor Perkembangan Revitalisasi Rawa Jombor

- Kamis, 2 Desember 2021 | 06:46 WIB
Para pejabat terkait membahas perkembangan proses revitalisasi Rawa Jombor, Rabu (1/12/21)(SMSolo/Mera S)
Para pejabat terkait membahas perkembangan proses revitalisasi Rawa Jombor, Rabu (1/12/21)(SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Pemkab Klaten menggelar rapat koordinasi untuk membahas perkembangan proses revitalisasi Rawa Jombor di Ruang B2 Setda Klaten, Rabu (1/12/21).

Asisten III Sekda Klaten, Sri Winoto mengatakan, revitalisasi Rawa Jombor akan menjadi acuan baik bagi BBWSBS, Dinas SDA, Pemkab Klaten dan lainnya.

Revitaliasi menjadi momentum untuk menata Rawa akan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Jalin Komunikasi untuk Kebaikan Karanganyar, PKS Sambangi PKB

"Revitalisasi Rawa Jombor akan mengembalikan fungsi rawa, sesuai regulasi yang ada. Dilanjutkan dengan penataan. Namun itu perlu dibuat perjanjian yang akan menjadi pedoman penataan Rawa Jombor,’’ kata Sri Winoto.

Hal itu juga melibatkan Kementerian PUPR dan Pemprov Jawa Tengah. Saat ini, aktifitas di rawa belum memberikan keuntungan bagi Pemkab Klaten, sehingga ke depan diharapkan akan saling menguntungkan.

Baca Juga: Kapal Kargo Soemantri Brodjonegoro Bermuatan Pupuk terbakar di Dermaga Pertamina Cilacap

"Penataan Rawa Jombor juga menjadi perhatian dari Kementrian ATR terkait tata ruang yang tidak sesuai, agar bisa disesuaikan dengan regulasi dan kebijakan pemerintah. Dilakukan secara pentahelix melibatkan relawan dan komunitas," ujar dia.

Kabid Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWSBS, Naryo Widodo ST MT menambahkan, anggaran revitalisasi yang semula dianggarkan Rp 100 miliar, terkena refocusing dua kali, hingga akhirnya menjadi Rp 22,5 miliar.

"Saat ini, sudah dilakukan perbaikan talud, pintu, dan drainase sudah 100 persen, rumah OP tinggal finishing. Untuk pedestrian sepanjang 2,8 km masih kurang 500 meter, saya optimis bisa selesai sebelum 15 Desember 2021,’’ ujar dia.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yaspim Klaten Gelar Aksi 'September Ceria 2022'

Senin, 26 September 2022 | 21:37 WIB

Total DBHCHT Klaten Tahun 2022 Mencapai Rp 23,139 Miliar

Jumat, 23 September 2022 | 14:37 WIB

PDAM Tirta Merapi Klaten Akan Menjadi Perumda Air Minum

Kamis, 22 September 2022 | 10:47 WIB
X