Prapto Koting Menginisiasi Relawannya Ikut Program BP Jamsostek

- Jumat, 3 Desember 2021 | 18:37 WIB
Anggota DPRD Karanganyar Suprapto menyerahkan santunan dari BP Jamsostek kepada ahli waris relawan Barepro yang meninggal beberapa waktu lalu, didampingi Kepala BP Jamsostek Karanganyar Gunadi Hery Urando, Jumat (3/12/2021).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Anggota DPRD Karanganyar Suprapto menyerahkan santunan dari BP Jamsostek kepada ahli waris relawan Barepro yang meninggal beberapa waktu lalu, didampingi Kepala BP Jamsostek Karanganyar Gunadi Hery Urando, Jumat (3/12/2021). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Anggota DPRD Karanganyar Suprapto menginisiasi relawannya yang tergabung dalam Barisan Relawan Progresif (Barepro) untuk diikutsertakan dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek).

Pasalnya, mayoritas relawan yang berasal dari kalangan pekerja nonpenerima upah atau sektor nonformal, rentan risiko kerja dan tidak memiliki jaminan sosial jika mengalami risiko kerja.

"Ada 100-an relawan inti yang sudah diikutsertakan dalam program BP Jamsostek. Secara bertahap, nantinya menyeluruh ke semua relawan inti, yang total berjumlah 400-an orang," kata Suprapto, di sela penyerahan santunan dari BP Jamsostek pada ahli waris seorang relawan yang meninggal, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: DPRD Karanganyar Menginisiasi Penyusunan Perda Pengelolaan Zakat

Pria yang akrab disapa Prapto Koting ini mengaku, pengikutsertaan relawan dalam program BP Jamsostek dilakukan sejak awal 2021.

"Idenya, saat ada dua relawan yang meninggal karena kecelakaan, tapi tidak mendapat santunan. Sebab, mereka tidak memiliki perlindungan atau jaminan sosial. Dari situ, terpikir untuk mengikutsertakan relawan Barepro ke program ini," jelasnya.

Pada empat bulan awal, Prapto memberi stimulan dengan membayar iuran BP Jamsostek untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

Baca Juga: 33 UKM di Karanganyar Dapat Bantuan Peralatan dari Program Peningkatan Pengolahan Hasil Peternakan

Setelah itu, relawan membayar sendiri iuran preminya.

"Dari program ini, setidaknya relawan yang merupakan pekerja sektor nonformal bisa lebih terlindungi dan nyaman aman dalam menjalani pekerjaannya," imbuhnya.

Kepala BP Jamsostek Karanganyar Gunadi Hery Urando menambahkan, pekerja sektor formal dan nonformal di Karanganyar mencapai 484 ribu.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

103 Keluarga Korban Bencana Alam Terima Santunan

Kamis, 6 Januari 2022 | 17:10 WIB
X