Mudahkan ODHA Mengakses Fasilitas Kesehatan, 13 Puskesmas di Karanganyar Buka Layanan PDP bagi ODHA

- Senin, 6 Desember 2021 | 18:26 WIB
Peserta mengikuti Sosialisasi HIV-AIDS dan peluncuran layanan PDP di pendopo rumah dinas bupati, Senin (6/12). (SMSolo/Irfan Salafudin)
Peserta mengikuti Sosialisasi HIV-AIDS dan peluncuran layanan PDP di pendopo rumah dinas bupati, Senin (6/12). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Layanan perawatan dalam pengobatan (PDP) bagi orang dengan HIV-AIDS (ODHA) di Karanganyar diperluas.

Kini, 13 puskesmas di Karanganyar membuka layanan tersebut, setelah sebelumnya layanan PDP bagi ODHA hanya dilakukan di RSUD Karanganyar dan beberapa fasilitas kesehatan (faskes).

13 Puskesmas itu adalah Puskesmas Tawangmangu, Karangpandan, Matesih, Jatiyoso, Jumantono, Ngargoyoso, Tasikmadu, Karanganyar, Mojogedang I, Jaten II, Colomadu I, Colomadu II dan Gondangrejo.

Baca Juga: Dirut PT Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

Di 13 puskesmas tersebut, ODHA bisa mengakses layanan yang meliputi pemberian obat, konsultasi dan tes VCT.

Kasubag Kesos Bagian Kesra Setda Karanganyar Sri Indarwati mengatakan, pembukaan layanan PDP bagi ODHA di 13 puskesmas tersebut merupakan wujud dukungan dari Pemkab Karanganyar, dalam membantu proses pengobatan yang dijalani ODHA.

"Dengan layanan PDP ini, lebih mendekatkan tempat tinggal pasien ke faskes terdekat. Tenaga kesehatan dari layanan PDP juga siap mengunjungi tempat tinggal pasien jika dibutuhkan," katanya, di sela launching Layanan PDP dan Sosialisasi Hari AIDS Sedunia di pendopo rumah dinas bupati, Senin (6/12).

Baca Juga: Terekam CCTV, Pencuri Masukkan 30 Ekor Bebek ke Dalam Karung

Sebelumnya, akses ODHA ke faskes terbatas. Sebab, hanya satu rumah sakit dan tiga puskesmas yang memberikan layanan PDP. Banyak ODHA yang enggan mengaksesnya. Apalagi, kebanyakan ODHA cenderung tertutup.

"Dengan semakin banyaknya faskes yang memberi layanan PDP, kami berharap bisa memudahkan ODHA dalam mengakses layanan kesehatan yang dibutuhkan. Jika pasien berhalang, tenaga kesehatan juga siap mendatangi ke rumah pasien," ujarnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

103 Keluarga Korban Bencana Alam Terima Santunan

Kamis, 6 Januari 2022 | 17:10 WIB
X