UNS Siap Bantu Penataan Ulang Kawasan Gunung Kemukus

- Selasa, 21 Desember 2021 | 08:57 WIB
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho saat menjadi salah satu narasumber dalam  dialog Interaktif bertajuk “Pengelolaan dan Pengembangan Pascapembangunan Kawasan Gunung Kemukus” bertempat di Sunan Hotel. (SMSolo/dok)
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho saat menjadi salah satu narasumber dalam dialog Interaktif bertajuk “Pengelolaan dan Pengembangan Pascapembangunan Kawasan Gunung Kemukus” bertempat di Sunan Hotel. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyatakan kesiapannya untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen dalam menata ulang kawasan Gunung Kemukus.

Kawasan tersebut sebelumnya lekat dengan citra negatif di kalangan masyarakat.

"Kami melihat kawasan Gunung Kemukus itu adalah sebuah tempat ‘wisata’ dan tempat pesugihan. Dalam konteks kekinian, nampaknya hal-hal yang berkaitan seperti itu harus mulai diubah," ujar Rektor UNS Surakarta Prof Jamal Wiwoho saat menghadiri Dialog Interaktif bertajuk “Pengelolaan dan Pengembangan Pascapembangunan Kawasan Gunung Kemukus” bertempat di Sunan Hotel.

Baca Juga: Malioboro-nya Solo Ditolak Pedagang, Gibran: Mereka Belum Tahu

Ia mengatakan, UNS akan berperan meluruskan mitos tidak benar yang menyelimuti kawasan ini sejak lama. Prof. Jamal mengaku prihatin terhadap praktik "esek-esek" di Gunung Kemukus, yang seharusnya digunakan sebagai wisata religi.

“Karena paham yang seperti itu harus diluruskan, maka kita sudah hadir untuk berkolaborasi dengan Pemkab Sragen,” tambah Prof. Jamal.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Jawa Tengah (Jateng) Direktorat Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) Cakra Nagara.

Baca Juga: Menkes Resmikan Gedung Bedah Sentral Terpadu RSST Klaten

Ada sejumlah dukungan yang akan diberikan UNS kepada Pemkab Sragen. Hal ini sejalan dengan revitalisasi Gunung Kemukus menjadi “The New Kemukus” oleh Kementerian PUPR.

Untuk pengembangan Kawasan tersebut, Prof Jamal mengemukakan jika pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah yang siap dilaksanakan, di antaranya menerjunkan tim pengabdian masyarakat dari LPPM UNS serta mahasiswa KKN pada periode mendatang. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenaikan PBB Dikeluhkan Warga, Apa Respon Gibran?

Senin, 6 Februari 2023 | 11:26 WIB

Divonis Kanker Payudara, Nunung Srimulat Hanya Pasrah

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:22 WIB

Gibran Dikabarkan Lumpuh Total!

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:53 WIB
X