Lagi, 'Pabrik Tekstil" Rutan Solo Terima Pesanan Produksi Baju Batik Seragam Sekolah

- Senin, 27 Desember 2021 | 17:40 WIB
Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Surakarta sedang memproduksi pesanan baju batik untuk seragam sekolah di dalam rutan, Senin (27/12). (SMSolo/Sri Hartanto)
Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Surakarta sedang memproduksi pesanan baju batik untuk seragam sekolah di dalam rutan, Senin (27/12). (SMSolo/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - 'Pabrik tekstil' di Rutan Kelas I Surakarta kembali menerima order untuk memproduksi baju batik seragam sekolah.

"Setelah menerima pesanan gody bag, kaus, kami kembali menerima order untuk membuat batik baju sekolah sebanyak 3.000 pcs. Produksi sedang berjalan, Januari minggu pertama harus selesai dan segera dikirim ke pemesan," jelas Karutan Kelas I Surakarta, Urip Dharma Yoga, Senin (27/12).

Dijelaskan, semua pesananan dikerjakan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan khusus BLK.

Baca Juga: Daihatsu Espass Terbakar Hingga Meledak, Setelah Jeriken Bensin Tumpah di Kabin

Dia menjelaskan, sejak pertama kali Pabrik Garmen didirikan di Rutan, orderan terus mengalir. Hal ini tentu membuat skill dari warga binaan yang mengerjakan semakin terampil dan terasah.

"Di setiap menerima order, saya selalu menekannya kepada WBP untuk bekerja yang tekun tanpa memikirkan pendapatan lebih dahulu. Dengan begitu, setiap ilmu yang mereka dapat dari bekerja di dalam Rutan bisa menjadi modal ketika sudah bebas nanti.

Baca Juga: Januari 2022, Presiden Jokowi Diharapkan Meresmikan Masjid Agung Karanganyar

Dapat dipergunakan untuk bekerja di pabrik atau bikin usaha sendiri," terang Urip Dharma Yoga yang sebelumnya sebagai Karutan Kelas II Wonogiri.

Setelah di dalam rutan dapat mendirikan pabrik garmen, lanjut Urip, lembaganya mendapat tiga penghargaan menjelang pergantian tahun.

Antara lain unit pelaksanaan teknis yang memiliki standar pelayanan publik berbasis HAM.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB

Begini Kronologi Adu Jotos Peserta Munas Hipmi di Solo

Selasa, 22 November 2022 | 15:11 WIB

Memalukan! Peserta Munas Hipmi di Solo Adu Jotos

Selasa, 22 November 2022 | 09:27 WIB
X