Tambah Dua Koridor, Target Pengembangan BST di Solo Terpenuhi

- Kamis, 30 Desember 2021 | 14:59 WIB
Wakil Wali Kota (Wawali) Surakarta, Teguh Prakosa, melakukan seremoni peluncuran Koridor 5 dan 6 BST di halaman Balai Kota, Kamis (31/12/2021).  (SMSolo/dok)
Wakil Wali Kota (Wawali) Surakarta, Teguh Prakosa, melakukan seremoni peluncuran Koridor 5 dan 6 BST di halaman Balai Kota, Kamis (31/12/2021). (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Target pengembangan koridor bus Batik Solo Trans (BST) yang disusun Pemkot Surakarta sejak 2010 telah terpenuhi, seiring diresmikannya Koridor 5 dan Koridor 6 oleh pemerintah pusat, Kamis (30/12/2021).

Saat ini keenam koridor BST telah menjangkau berbagai kawasan, mulai Solo hingga Karanganyar dan Sukoharjo.

"Ini sudah sesuai dengan rencana. Tinggal menunggu pengembangan feder BST. Mudah-mudahan bisa tambah lagi 2 koridor tahun depan," terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Hari Prihanto, usai launching Koridor 5 dan 6 di Balai Kota.

Baca Juga: Bus Rombongan Wisatawan Semarang Alami Rem Blong dalam Perjalanan Turun dari Tawangmangu

Saat ini Pemkot tinggal berkonsentrasi untuk pembenahan layanan jaringan bus kota tersebut.

"Fokus peremajaan armada dan integrasi pelayanan. Saat ini integrasi pelayanan tiket penumpang juga masih dibahas bersama pengelola kereta rel listrik (KRL) Jogja-Solo."

Kasubdit Angkutan Perkotaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Prayitno, menguraikan bahwa Koridor 5 BST akan melayani jalur Terminal Kartasura-Pasar Bekonang PP dan Koridor 6 beroperasi di jalur Terminal Tirtonadi-Solo Baru PP.

Baca Juga: Bus Rombongan Wisatawan Semarang Alami Rem Blong dalam Perjalanan Turun dari Tawangmangu

"Koridor 5 akan dilayani 23 unit bus siap operasi dan 3 bus cadangan, dengan jarak layanan 52 km. Sementara Koridor 6 terdiri dari 10 bus siap operasi, dengan jarak layanan 21,46 km," bebernya.

Budi menambahkan, pengelolaan koridor baru BST itu tetap menggunakan sistem buy the service (beli layanan).

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LAPAN RI Jateng Desak Hentikan Semua Penambangan

Rabu, 30 November 2022 | 21:16 WIB

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB
X