Kredit Fiktif, Kepala BKK Sukoharjo cabang Weru Ditahan

- Jumat, 11 Juni 2021 | 12:20 WIB
Penyidik Tipikor Kejari Sukoharjo menahan tersangka kasus kredit fiktif di BKK Sukoharjo cabang Weru di Rutan Polres Sukoharjo, Kamis (10/6/2021). (SMSolo/dok)
Penyidik Tipikor Kejari Sukoharjo menahan tersangka kasus kredit fiktif di BKK Sukoharjo cabang Weru di Rutan Polres Sukoharjo, Kamis (10/6/2021). (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Kepala BKK Sukoharjo cabang Weru periode 2016-2019, Sri Margiyanta ditahan penyidik Tipikor Kejari Sukoharjo.

Tersangka diduga telah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam UU no. 31 tahun 1999 jo UU no. 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi. Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sukoharjo Yudhi Teguh Santoso mengatakan, tersangka telah ditahan dan dititipkan ke Rumah Tahanan Polres Sukoharjo.

"Penyalahgunaan wewendang atau jabatan. Modus yang dilakukan oleh tersangka ini adalah kredit fiktif dan penggelembungan kredit. Hal itu dilakukan dalam kurun waktu 2016-2019 saat dia menjabat sebagai Kepala Cabang BKK Weru," jelas Yudhi.

Baca Juga: Terungkap. Mayat Yang Terbakar di Brebes, Driver Ojol

Menurut Yudhi, kasus ini terungkap saat penyidik mendapatkan laporan dari masyarakat yang merupakan nasabah BKK cabang Weru. Saat itu, nasabah tersebut tidak bisa mengambil sertifikat yang digunakan sebagai jaminan di BKK.

Padahal, nasabah tersebut sudah melunasinya. Karena curiga, nasabah itu melaporkan kejadian tersebut pada penyidik. Dari laporan tersebut penyidik melakukan investigasi dan diketahui ternyata juga ada penggelembungan kredit oleh tersangka.

Setelah semua data lengkap dan ditemukan dua alat bukti yang cukup, akhirnya penyidik menetapkan tersangka dalam kasus kredit fiktif. Tersangka akan ditahan selama 20 hari ke depan.

"Dari hasil audit BPKP kerugian yang ditimbulkan dalam kasus ini sebesar Rp 2,8 miliar," kata Yudhi.**

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Akhirnya Pemkab Sukoharjo Resmi Melarang Hajatan

Kamis, 17 Juni 2021 | 19:20 WIB

20 Finalis Mas-Mbak Sukoharjo Ikuti Karantina

Rabu, 16 Juni 2021 | 22:51 WIB
X