Wujudkan Kemandirian Pangan, Pemkab Sukoharjo Bangun Lumbung

- Rabu, 5 Januari 2022 | 16:17 WIB
Bupati Sukoharjo dan Wakil Bupati meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di Desa Sapen, Mojolaban, Rabu (5/1/2021). (SMSolo/dok)
Bupati Sukoharjo dan Wakil Bupati meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di Desa Sapen, Mojolaban, Rabu (5/1/2021). (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Sukoharjo mendirikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gapoktan Sri Makmur Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban. Peresmian dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Rabu (5/1/2022).

"Pembangunan LPM Gapoktan Sri Makmur Desa Sapen ini dibiayai dari Dana Alokasi Khusus fisik penugasan Bidang Pertanian tahun 2021 sebesar Rp500 juta," terang Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo, Endang Tien Maryuni.

Dijelaskan, anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan Lumbung Pangan, pembangunan Rice Mill Unit (RMU).

Baca Juga: Memprihatinkan. Jumlah Kecelakaan di Boyolali Meningkat 101 Persen dari Tahun 2020

Sedangkan untuk fasilitasi pengisiannya berasal dari dana APBD Kabupaten Sukoharjo Rp120 juta yang digunakan untuk pengadaan sebanyak 20 ton gabah kering giling (GKP).

Dalam kesempatan itu, Bupati Etik Suryani berharap agar keberadaan LPM dapat menjaga kontinuitas dan akses pangan bagi masyarakat.

Selain itu, juga sebagai antisipasi terjadinya kerawanan pangan akibat gangguan produksi, bencana alam dan non alam, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Dapat Tugas Baru dari Jokowi, Hadi Tjahjanto jadi Komandan di Mandalika

"Semoga bangunan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, dapat mengatasi kerawanan pangan masyarakat dan mampu membawa keberkahan serta kesejahteraan bagi masyarakat," harap Bupati.

Lebih lanjut bupati mengatakan, ketahanan pangan adalah terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik, dan terjangkau.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X