Viral Antrean Pembagian KKS di Sukoharjo, Dinsos Angkat Bicara

- Jumat, 7 Januari 2022 | 09:56 WIB
Pembagian KKS bagi penerima di Kecamatan Baki, Sukoharjo lancar dan tertib, Jumat (7/1/2021). (SMSolo/dok)
Pembagian KKS bagi penerima di Kecamatan Baki, Sukoharjo lancar dan tertib, Jumat (7/1/2021). (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Gedung Graha PGRI, Sukoharjo, viral di medsos karena terjadi penumpukan dan antrean, Kamis (6/1/2022).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukoharjo Suparmin mengatakan, pembagian tersebut leading sektornya bukan Dinsos, tetapi pihak Bank yang ditunjuk oleh Pemerintah Pusat.

Selain itu, sebenarnya pembagian KKS terhadap penerima sudah di jadwalkan. Dimana jadwal untuk masing-masing kelurahan atau desa sudah ditentukan jamnya.

Baca Juga: Pemberlakuan PTM 100 Persen, Rektor UNS Pantau Tren Omicron

"Kami itu diminta untuk memfasilitasi, karena yang mempunyai data dan melakukan verifikasi langsung adalah pihak bank yang sudah ditunjuk. Selain itu, sebenarnya pembagian sudah berdasarkan jam," jelas Suparmin.

Dia mencontohkan, pembagian untuk kelurahan A undangannya mulai pukul 08.00 WIB, sedangkan untuk kelurahan B mulai pukul 09.00 WIB dan seterusnya hingga pukul 17.00 WIB.

Hanya saja, sebagian besar masyarakat datang bersamaan sehingga terjadi penumpukan. Padahal counter bank yang ada di lokasi jumlahnya terbatas.

Baca Juga: Mobil Listrik Wisata di Solo Didesak Berhenti Beroperasi, Gibran: Jalan Terus

"Pembagian KKS tidak bisa dikasihkan langsung, karena pihak bank harus cek, mengisi data untuk membuat rekening bagi penerima."

Karena itu, begitu kejadian penumpukan tersebut, lanjut Suparmin, Dinsos, pihak bank dan Polres Sukoharjo langsung menghentikan kegiatan dan melakukan evaluasi.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X