Desa Ngroto, Kismantoro Rintis Sentra Pembibitan Anggur. Ada yang Langka dan Unik dari Luar Negeri

- Selasa, 11 Januari 2022 | 16:20 WIB
Para pembudidaya anggur Dusun Ngroto, Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri memperlihatkan buah anggur yang ditanam di green house, baru-baru ini. (SMSolo/Khalid Yogi)
Para pembudidaya anggur Dusun Ngroto, Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri memperlihatkan buah anggur yang ditanam di green house, baru-baru ini. (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Sejumlah warga Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri menanam berbagai jenis anggur.

Mereka membibitkan berbagai jenis anggur lokal maupun luar negeri. Beberapa di antaranya adalah anggur unik yang masih jarang dibudidayakan di Indonesia.

Ketua kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kartini Grape Kampung KB Ngroto Miyatun didampingi anggota Mama Bilal mengatakan, budidaya anggur di Dusun Ngroto telah dimulai sejak 2018 lalu.

Baca Juga: Pikap Pengangkut Ayam Tabrak Rumah di Bendosari Sukoharjo

"Buah anggur dipilih karena mempunyai nilai ekonomis tinggi tapi tidak membutuhkan banyak air," katanya.

Mereka kemudian membangun green house untuk menanam anggur di setiap RT. Warga lebih memfokuskan pada pembibitan berbagai jenis anggur.

Ruswanto, salah seorang pembudidaya anggur desa tersebut menerangkan, ada berbagai jenis anggur unggulan baik lokal maupun luar negeri yang mereka bibitkan. Contohnya anggur dixon, ninel, livia dan jupiter.

Baca Juga: Polda Jatim Buru Penendang Sesajen ke Lombok Timur

Anggur jenis dixon berbentuk unik karena lonjong dengan warna hijau semburat jingga. Adapun anggur jenis livia berbentuk bulat, berwarna hijau ketika muda dan semburat merah saat tua.

"Menurut saya, yang paling unik anggur jupiter. Buahnya kecil-kecil tapi manis dan aroma wanginya sangat kuat, mantap," katanya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantan Bupati Wonogiri Oemarsono Tutup Usia

Minggu, 22 Mei 2022 | 15:36 WIB

Polres Wonogiri Gencarkan Operasi Miras

Minggu, 22 Mei 2022 | 06:58 WIB
X