Desa Celep Sragen Gunakan Dana Desa untuk Pengadaan Burung Hantu Pemburu Tikus

- Rabu, 12 Januari 2022 | 16:13 WIB
Warga Dukuh Tanjung Desa Celep, Kecamatan Kedawung memasang pagupon berisi burung hantu (Tyto Alba), untuk memburu tikus di lahan sawah.(SMSolo/Anindito AN)
Warga Dukuh Tanjung Desa Celep, Kecamatan Kedawung memasang pagupon berisi burung hantu (Tyto Alba), untuk memburu tikus di lahan sawah.(SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Mengantisipasi merebaknya serangan hama tikus, warga Desa Celep, Kecamatan Kedawung, Sragen memelihara Burung Hantu atau predator hama tikus sejak Tahun 2021.

Warga menolak memasang jebakan tikus beraliran listrik, karena berisiko mengancam jiwa manusia.

"Memelihara Burung Hantu, ternyata efektif untuk mengendalikan hama tikus,'' terang Kades elep, Agus Woyo, Selasa (12/1).

Baca Juga: Gibran-Kaesang Dilaporkan ke KPK, Moeldoko: Anak Presiden Gak Boleh Kaya, Ini Bagaimana Sih?

Di wilayah Desa Celep kini terdapat 18 rumah pagupon berisi Burung Hantu, untuk memburu tikus pada malam hari. Pengadaan pagupon dan burung hantu Tahun 2021 dianggarkan dari Dana Desa Rp 39 juta.

Kegiatan memelihara Burung Hantu, tak lepas dari peran Camat Kedawung Nugroho Dwi Wibowo. Camat memotivasi agar petani di wilayah Kecamatan Kedawung tidak lagi memasang jebakan tikus menggunakan jerat kawat beraliran listrik. Sebab itu membahayakan jiwa petani.

Baca Juga: Membahayakan, Polres Sukoharjo akan Tindaktegas Pengguna Jebakan Tikus Listrik

Di Kabupaten Sragen tercatat sudah ada 23 nyawa melayang, akibat tewas tersengat kawat jebakan tikus yang dialiri stroom.

Tahun ini, perangkat desa dan Badan Permusyawaratan (BPD) Celep mendukung serta menyetujui pendanaan untuk penambahan pengadaan rumah pagupon dan Burung Hantu.

Baca Juga: Tak Sesuai Spek dan Ganggu Ketertiban Umum, Ratusan Sepeda Motor Dikandangkan

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyaluran BLT Kompensasi BBM di Sragen Terus Dipantau

Senin, 19 September 2022 | 01:44 WIB

Kader PPP Sragen Tunggu Keputusan di Tingkat Pusat

Senin, 12 September 2022 | 06:00 WIB
X