Raih Predikat Kepatuhan Tinggi Pelayanan Publik, Ombudsman Ganjar Penghargaan untuk Kabupaten Sukoharjo

- Kamis, 13 Januari 2022 | 12:02 WIB
Buati Sukoharjo Etik Suryani menerima penghargaan dari Ombudsman RI di Semarang. (SMSolo/dok)
Buati Sukoharjo Etik Suryani menerima penghargaan dari Ombudsman RI di Semarang. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Ombudsman RI memberikan Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 kepada Pemerintah Kabupaten Sukoharjo.

Kabupaten berslogan Makmur ini mendapatkan Predikat Zona Hijau dengan Nilai Kepatuhan 84,93 bersama dengan 4 (empat) kabupaten/kota lainnya se Jawa Tengah.

Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dilaksanakan kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, melalui survey kepatuhan terhadap standar pelayanan publik.

Baca Juga: Penuh Sampah, Warga Kerja Bakti Bersihkan Intake Rawa Jombor

Hal ini sesuai amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Adapun variabel penilaian meliputi Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Pengelolaan Pengaduan, Sarana dan Prasarana Fasilitas, Pelayanan Khusus, Penilaian Kepuasan Masyarakat, Visi, Misi dan Motto Pelayanan, Atribut, Pelayanan Terpadu dan Rekognisi.

Untuk Pemerintah Daerah penilaian didasarkan pada produk layanan atas 4 (empat) substansi, yaitu Pelayanan Perizinan, Kesehatan, Administrasi Kependudukan dan Pendidikan.

Baca Juga: Bejat! Wanita Penyandang Disabilitas Diperkosa Hingga Hamil

Dalam penilaian tersebut Kabupaten Sukoharjo mengajukan Dinas PTSP UPTD Puskesmas pada Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Atas kerja keras dan dukungan seluruh jajaran OPD tersebut dan dikoordinasikan oleh Bagian Organisasi Setda, Kabupaten Sukoharjo meraih nilai 84,93 dengan Predikat Zona Hijau.

redikat itu meningkat signifikan mengingat tahun sebelumnya Sukoharjo hanya memperoleh nilai 56,41 atau masih termasuk Zona Kuning.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X