Luar Biasa, Masjid Al Hijrah Dibangun Para Napi Lapas Kelas IIB Klaten

- Jumat, 14 Januari 2022 | 14:45 WIB
Masjid Al HIjrah yang dibangun warga binaan Lapas Kelas IIB Klaten. (SMSolo/Mera S)
Masjid Al HIjrah yang dibangun warga binaan Lapas Kelas IIB Klaten. (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Siapa sangka, bila Masjid Al Hijrah berdiri megah di tengah-tengah komplek Lapas Kelas IIB Klaten ini dibangun para narapidana.

Masjid yang dibangun mulai November 2020 itu selesai tahun 2021 dengan dana bantuan CSR BRI senilai Rp 210 juta. Mulai dari desain, konstruksi sampai pembangunan dan finishing dilakukan oleh para warga binaan Lapas Kelas IIB Klaten.

"Seluruh pengerjaan masjid Al Hijrah dilakukan oleh warga binaan, mulai dari desain sampai berdirinya masjid semua hasil karya warga binaan. Hasilnya sangat bagus, rapi dan megah," kata Kepala Lapas Kelas IIB Klaten Ahmad Fauzi, Jumat (14/1/22).

Baca Juga: Lagi, Kebakaran Rumah Terjadi di Boyolali. Kerugian Mencapai Rp 250 Juta

Proses pembangunan berjalan kurang lebih setahun dengan merubah bentuk awal karena hampir semua bagian direnovasi. Masjid mampu menampung 300 jamaah, sehingga bisa mencukupi untuk warga binaan dan karyawan Lapas.

"Nama Al Hijrah diberikan Almarhum Bapak Supriyadi mantan Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah yang meninggal pada Januari 2021. Dulu namanya Adz Dzikru," ujar Ahmad Fauzi.

Baca Juga: Hadapi Musim Haji 2022, Pemerintah Perhitungkan Tiga Opsi

Keterampilan warga binaan diperoleh dari hasil pembinaan dan pelatihan kemandirian bidang pertukangan dan pengelasan. Setiap hari, ada 20 orang warga binaan mengerjakan masjid yang berlantai granit dengan jendela besi las.

Ada dua menara di kanan kiri masjid dan kubah di tengahnya. Masjid dilengkapi tempat wudhu di samping kiri dan kanan. Di dalamnya, ada mimbar, juga rak untuk buku-buku dan Alquran. Kondisinya sangat bersih dan nyaman.

Baca Juga: Penendang Sesajen di Gunung Semeru Tertangkap di Bantul

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Purna Tugas, 38 Personel Polres Klaten Diarak Becak

Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
X