Muhammadiyah Berkontribusi dalam Pembangunan Indonesia dan Dunia

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 07:16 WIB
Prof MA Fattah Santoso. (SMSolo/dok)
Prof MA Fattah Santoso. (SMSolo/dok)

SURAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof MA Fattah Santoso menyebut Muhammadiyah berkontribusi dalam membangun Indonesia dan dunia.

Hal itu disampaikan dalam International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS) dengan tema "Contribution of Muhammadiyah Movement to Science and Global Humanity" yang digelar secara daring, Jum'at-Sabtu, (14-15/1/2022).

"Muhammadiyah telah memberi kontribusi yang signifikan bagi pembangunan Indonesia dan dunia, dibuktikan dengan kekayaan amal usahanya, terutama di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan, sosial, kesehatan, filantropi, dan humanitarian," tegas Fattah Santoso.

Baca Juga: Dampak Implementasi MBKM bagi UMS? Ini Paparannya pada Seminar Nasional

Peran dan kontribusi tersebut, lanjut dia, semakin diperlukan di tengah dinamika yang terus melanda, baik dalam skala lokal, nasional, maupun global.

Pada era industri 4.0, Muhammadiyah diharapkan terus melakukan gerakan progresif, strategis, dan bersinergi dengan lembaga-lembaga lain dalam berbagai aspek.

Konferensi yang digelar Fakultas Agama Islam (FAI) UMS itu menghadirkan pembicara dari sejumlah negara, di antaranya Prof Satomi Ohgata (Kyushu International University Japan), Prof Dr Mustofa Dasuki Kesba (Al-Azhar University Cairo), Prof MA Fattah Santoso (Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Baca Juga: UMS Gelar 10 Seminar Internasional yang Diikuti Dosen, Mahasiswa Berbagai Negara

Ketua panitia Moh Zakki Azani PhD menjelaskan, ICIMS membahas studi tentang Islam dan kemuhammadiyahan, khususnya di Indonesia yang dapat tersebar secara global.

"Lewat acara ini kita ingin mengembangkan dan mengetahui dari para penulis Islam di universitas dalam maupun luar negeri, untuk meneliti apa yang telah diberikan oleh umat Islam kepada seluruh umat di dunia."

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jembatan Mojo Ditutup, Ini Dampaknya bagi Pelaku UKM

Kamis, 22 September 2022 | 11:27 WIB
X