Modifikasi Motor, Satlantas Klaten Persilahkan Difabel Bikin SIM D

- Jumat, 21 Januari 2022 | 11:05 WIB
Seorang difabel mengendarai sepeda motor yang sudah dimodifikasi. (SMSolo/Mera S)
Seorang difabel mengendarai sepeda motor yang sudah dimodifikasi. (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Kasat Lantas Polres Klaten AKP Muhammad Fadlan mempersilahkan Disabilitas membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) D untuk kendaraan khusus di Satlantas Polres Klaten.

Difabel yang ingin membuat SIM D akan dilayani setiap hari oleh petugas Satlantas Polres Klaten. Prosesnya juga mudah dan biayanya juga sama dengan pembuatan SIM C (kendaraan roda dua).

SIM D memang diperuntukan bagi difabel yang menggunakan kendaraan khusus. Biasanya kendaraan itu adalah sepeda motor yang sudah dimodifikasi menjadi roda tiga atau empat sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Dapat SIM Gratis dari Satlantas Polres Sukoharjo

"Bagi difabel yang ingin membuat SIM D, kami persilahkan datang ke Satlantas Polres Klaten, bawa kendaraannya, bisa dilayani setiap hari. Prosesnya sama dengan pembuatan SIM yang lain," kata Kasat Lantas.

Di Klaten, cukup banyak kaum difabel yang wira wiri menggunakan kendaraan khusus untuk mendukung mobilitasnya. Namun, sebagian dari mereka memang belum mempunyai SIM D.

"Sebenarnya bagi setiap warga negara yang berkendaraan di jalan umum sifatnya wajib punya SIM. Tapi kadang kami mentolerir karena situasi difabel, dan rata-rata para difabel tertib dan lebih hati-hati di jalan," ujar Kasat Lantas.

Baca Juga: Kasus Parkir 'Nuthuk' Rp 350 Ribu di Sekitar Malioboro, Berbuntut Panjang

Dalam pembuatan SIM D (Penyandang Disabilitas ) juga ada tes kesehatan dan tes psikologi. Biayanya sesuai aturan, yakni PNBP Rp 50 ribu, tes kesehatan Rp 60 ribu dan Psikotest Rp 75 ribu.

"Kami mulai jemput bola, mereka diarahkan untuk membuat SIM karena banyak yang menggunakan kendaraan roda dua modifikasi. Silahkan datang ke Satlantas Polres Klaten, prosesnya untuk SIM baru sekitar satu jam selesai," kata Kasat Lantas Muhammad Fadlan. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X