Pusat Studi Difabilitas UNS Dorong Penyusunan Kebijakan Ramah Difabel

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:32 WIB
 Foto:SMSolo/dok  Diskusi rutin Pusat Studi Disabilitas (PSD) LPPM UNS mengangkat tema “Pemetaan Kebutuhan Riset untuk Kebijakan Pembangunan Berperspektif Disabilitas”. (SMSolo/dok)
Foto:SMSolo/dok Diskusi rutin Pusat Studi Disabilitas (PSD) LPPM UNS mengangkat tema “Pemetaan Kebutuhan Riset untuk Kebijakan Pembangunan Berperspektif Disabilitas”. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Pusat Studi Disabilitas Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendorong pembuat kebijakan untuk menyusun kebijakan-kebijakan yang ramah penyandang disabilitas.

Hal ini sangat penting mengingat penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama seperti lainnya.

"Kami terus mendorong lahir dan berkembangnya riset-riset disabilitas yang berpotensi menjadi penyumbang pada pengambilan kebijakan dalam pembangunan berkelanjutan," papar Kepala PSD LPPM UNS, Prof. Dr. Munawir Yusuf.

Baca Juga: Fenomena Multilingual di Media Sosial, Begini kata Pakar Linguistik UNS

Isu disabilitas kian diperhatikan berbagai pihak di Indonesia. Dikemukakan, Pusat Studi Difabilitas (PSD) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), UNS secara rutin mengadakan kajian-kajian tentang disabilitas.

Untuk membuka diskusi bulanan pada tahun 2022, PSD LPPM mengangkat tema “Pemetaan Kebutuhan Riset untuk Kebijakan Pembangunan Berperspektif Disabilitas”.

Diskusi tersebut dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh sejumlah pegiat diskursus disabilitas dari berbagai instansi di Indonesia.

Baca Juga: Kartasura dan Grogol Sukoharjo juga Dilanda Banjir

Lebih lanjut, Prof. Munawir menjelaskan bahwa Indonesia merupakan surganya para penyandang disabilitas. Sebab perundang-undangan untuk disabilitas sangat lengkap.

Indonesia telah memiliki Rencana Induk Penyandang Disabilitas (RIPD) sebagai acuan bagi pemerintah dalam membuat aturan-aturan yang ramah disabilitas.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Belasan Anggota dan Ketua Rayon PSHT Ditangkap

Selasa, 24 Mei 2022 | 13:51 WIB
X