Gardal, Ormas yang Fokus pada Pemberdayaan Masyarakat

- Senin, 24 Januari 2022 | 21:15 WIB
Kepala Disdagnakerkop UKM Martadi menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Ormas Gardal Ananda Novel, dalam perayaan HUT ke-4 ormas tersebut di Graha PGRI, Tasikmadu, Senin (24/1).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Kepala Disdagnakerkop UKM Martadi menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Ormas Gardal Ananda Novel, dalam perayaan HUT ke-4 ormas tersebut di Graha PGRI, Tasikmadu, Senin (24/1). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Empat tahun berdiri, Ormas Gerakan Aspirasi Muda Lawu (Gardal) semakin menjauh dari hiruk pikuk politik.

Gardal saat lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat, dengan memberikan berbagai pelatihan ketrampilan, serta bimbingan usaha.

Ketua Gardal Ananda Novel mengatakan, meski awalnya Gardal lahir dari ekses politik menjelang Pilkada Karanganyar 2018, namun saat ini gerakan politik sudah bukan lagi menjadi tujuan Gardal.

Baca Juga: R, Warga Simo yang Lapor Jadi Korban Perkosaan, Ternyata Bohong. Sempat Dulang-dulangan Cilok

"Kami lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat. Selama empat tahun berdiri, kami memberikan pelatihan ketrampilan pada masyarakat yang membutuhkan, dengan tujuan bisa menciptakan peluang kerja bagi mereka," katanya, di sela perayaan HUT ke-4 Gardal di Graha PGRI, Tasikmadu, Senin (24/1).

Pelatihan yang diberikan antara lain ketrampilan menjahit, bordir, tata rias, sablon, pakan ternak fermentasi, elektronik, dan sebagainya.

Baca Juga: Transaksi Digital Diprediksi Tembus Rp 50 kuadriliun, Ini Langkah yang Disiapkan BRI

"Sebagian peserta pelatihan ada yang membuka usaha sendiri, sebagian masih kerja ikut orang. Namun kami bersyukur, karena pelatihan yang diberikan bisa bermanfaat," kata Novel.

Dia menambahkan, ke depan, Gardal akan membuka rumah produksi untuk memberikan ruang bagi peserta pelatihan dalam mengimplementasikan ketrampilannya.

Baca Juga: Dukung Ganjar Capres, Relawan Independent DGP Datangi Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Solo

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X