Semalam, Relawan Evakuasi 3 Sarang Tawon Vespa Affinis

- Senin, 7 Februari 2022 | 02:23 WIB
Para relawan mengatasi sarang tawon vespa affinis di Dukuh Soko, Desa Sumberejo, Klaten Selatan. (SMSolo/Merawati S)
Para relawan mengatasi sarang tawon vespa affinis di Dukuh Soko, Desa Sumberejo, Klaten Selatan. (SMSolo/Merawati S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Meski dengan peralatan sangat sederhana dan seadanya, sejumlah relawan melakukan evakuasi sarang tawon vespa affinis di tiga lokasi, Sabtu (5/2/22) malam.

Lokasi pertama di Dukuh Soko, Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan. Sebuah sarang berukuran sangat besar menempel di rumpun bambu di tepi sungai. Ukurannya sekitar 75 cm dengan diameter sekitar 50 cm.

Salah satu lebah menyengat Sri Maryani (61) saat mengambil kayu untuk bahan kabar di tepi sungai dekat rumahnya. Tiba-tiba tak tahu dari mana datangnya, tiba-tiba ada lebah yang menyengat kepalanya.

Baca Juga: 13 Korban Kecelakaan Maut di Bukit Bego, 9 Warga Polokarto, 3 Wonogiri dan 1 Solo

"Waktu ambil kayu, tahu-tahu disengat tawon menyengat di kepala. Sekitar 7 jam lebih kepala senut-senut akibat sengatan tawon. Jadi saya lapor ke Damkar, tapi belum ditindaklanjuti terus ada relawan ke sini," kata Sri Maryani.

Beruntung, ada 7 relawan dari Forum Relawan Wedi (Foredi) dan Jogonalan yang mendatangi rumahnya.

Mereka datang setelah mendapat informasi ada sarang tawon vespa affinis yang menyerang warga, Sabtu (5/2/22) sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Dirlantas Polda DIY: Penyebab Kecelakaan di Bukit Bego Masih dalam Penyelidikan

Saat itu, tuan rumah sudah menyediakan bensin. Sedangkan relawan datang membawa senter dan alat semprot dari botol minuman kemasan. Dengan tangan telanjang, mereka bergerak mengatasi tawon.

Pertama-tama, Mbah Sarno relawan asal Desa Ngering, Jogonalan maju dan menutup lubang sarang dengan tisu. Kemudian, sarang disemprot dengan bensin keliling.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X