Pemkot Solo Sewa Hotel Bintang 3 untuk Lokasi Isolasi Khusus Nakes

- Jumat, 25 Februari 2022 | 15:23 WIB
Grha Wisata Niaga di kawasan Sriwedari Solo menjadi salah satu lokasi isolasi terpusat yang disediakan Pemkot Surakarta.  (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Grha Wisata Niaga di kawasan Sriwedari Solo menjadi salah satu lokasi isolasi terpusat yang disediakan Pemkot Surakarta. (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pemkot Surakarta memutuskan untuk menyewa sebuah hotel bintang 3, untuk difungsikan sebagai lokasi isolasi terpusat khusus tenaga kesehatan (nakes) di Solo.

Fasilitas isolasi terpusat itu diharapkan bisa mendukung pemulihan para nakes, yang terpapar Covid-19.

"Kemarin kami sudah berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Surakarta. Pemilik hotel juga sudah memberikan persetujuan. Tinggal nanti dibahas tentang teknis-teknisnya saja," ungkap Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surakarta, Nico Agus Putranto, Jumat (25/2).

Baca Juga: Update Gempa Pasaman Barat, BNPB Sebut Dua Korban Meninggal dan 20 Terluka

Berdasarkan kesepakatan dengan pemilik, lanjut Nico, seluruh kamar hotel di Jalan MT Haryono itu akan disewa Pemkot guna dialihfungsikan sebagai tempat isolasi terpusat.

"Kami tidak mungkin menyewa sebagian kamar, sementara kamar lainnya dipakai tamu umum. Makanya kami booking satu hotel tersebut."

Pemkot berniat membuka lokasi isolasi terpusat itu sesegera mungkin.

Baca Juga: Jelang Nyepi, Umat Hindu Banyudono, Boyolali Siapkan Ogoh-ogoh Setinggi 4,5 Meter

"Karena tempatnya baru satu, nakes pria dan wanita digabung di hotel itu dulu. Beda dengan isolasi terpusat di Ndalem Priyosuhartan dan Grha Wisata Niaga, yang sudah dipisahkan antara pasien pria dan wanita," terang Nico.

Berdasarkan penghitungan Pemkot, hotel yang memiliki 27 kamar tidur itu bisa menampung 50-60 pasien. Sebab satu kamar bisa digunakan dua hingga tiga pasien.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Woro, Nella dan Paramitha Bakal Tampil di Purbayan

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:30 WIB

LAPAN RI Jateng Desak Hentikan Semua Penambangan

Rabu, 30 November 2022 | 21:16 WIB

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB
X