Ledakan di SMA Swasta Solo, Dua Siswa Terluka, 3 Gangguan Pendengaran, Ini Penjelasan Kapolresta Solo

- Senin, 14 Maret 2022 | 18:30 WIB
Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak,
Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak,

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Polresta Surakarta memberikan penjelasan terkait ledakan yang diduga jenis molotov di salah satu SMA Swasta di Solo, beberapa hari lalu.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan bahwa suara ledakan dengan daya suhu ledak rendah, bukan jenis molotov melainkan jenis petasan atau mercon.

Dijelaskan Ade Safri, suara ledakan di sebuah ruang kecil di SMA terjadi pada Kamis(10/3/2022), pukul 10.30 WIB. Peristiwa tersebut mengakibatkan tiga kaca letak dan pecah, dua siswa terkena pecahan kaca dan 3 siswa lainnya sempat mengalami gangguan pendengaran.

Baca Juga: Label Halal Baru Dinilai Jawa Sentris, BPJPH Kemenang Angkat Bicara

"Yang meracik petasan yakni seorang siswa kelas XII dengan motif eksplorasi eksperimen atau coba-coba usai mengikuti Pelajaran Tatap Muka (PTM)," jelas Perwira Menengah berpangkat melati 3 dipundak tersebut.

Kapasitas yang bersangkutan ini, lanjut Kapolresta, karena rasa keingintahuan yang tinggi kemudian mencoba meracik petasan dan ingin menunjukkan kepada teman-temannya.

"Siswa tersebut juga tidak menyangka terjadi ledakan yang cukup keras," kata Ade Safri saat ditemui di Polresta Surakarta, Senin (15/3/2022).

Baca Juga: Aset Doni Salmanan yang Sudah Disita Mencapai Rp 60 Miliar. Mulai dari Topi Mahal Hingga Porsche 911 Tarera 4s

Dari kejadian tersebut, barang bukti petasan berjumlah satu buah. Mengakibatkan tiga kaca sekolah pecah, satu kramik lantai kelas pecah dan berlubang.

"Jadi awalnya siswa yang bersangkutan melihat YouTube bagaimana meracik untuk membuat petasan, kemudian mencoba membuat dan menujukan kepada teman-temannya di sekolahnya, setelah Pembelajaran Tatap Muka (PTM) selesai," tandasnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Kemerdekaan RI, 3 Napi di Rutan Solo, Bebas

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:00 WIB
X