Update Terkini Persiapan Operasional KRL Solo Balapan-Palur, Pembangunan Elektrifikasi Capai 80 Persen

- Kamis, 7 April 2022 | 12:40 WIB
Uji coba KRL lintas Solo Balapan-Palur.  (SMSolo/Dok BTP Jabagteng)
Uji coba KRL lintas Solo Balapan-Palur. (SMSolo/Dok BTP Jabagteng)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Selain menguji coba kereta rel listrik (KRL) lintas Solo Balapan-Palur, PT Kereta Api Indonesia juga mengebut pembangunan infrastruktur di jalur tersebut.

Ini bertujuan agar perpanjangan jalur KRL dari Solo Balapan menuju Palur bisa terealisasi sesuai target.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng), Putu Sumarjaya menjelaskan, pihaknya terus menggenjot penyelesaian pembangunan elektrifikasi Stasiun Solo Balapan hingga Stasiun Palur, guna mengakomodasi perpanjangan lintas pelayanan KRL tersebut.

Baca Juga: Diuji Coba, KRL Lintas Solo Balapan-Palur Melaju Sampai 90 Km/Jam

Saat ini, menurut Putu, progres pembangunan elektrifikasi jalur KA lintas Solo Balapan-Solo Jebres telah mencapai 80,29 persen.

Dalam rilis yang diterima suaramerdeka-solo.com, Kamis (7/4/2022), Putu menjelaskan cakupan pekerjaan yang sudah diselesaikan sejauh ini adalah pembangunan listrik aliran atas dan gardu listrik kereta api antara Solo Balapan-Solo Jebres, penataan track layout Solo Jebres serta pembangunan depo perawatan KRL di area Stasiun Jebres.

Baca Juga: Waktu Buka Puasa 7 April 2022 untuk Kota Solo dan Sekitarnya

“Harapannya pembangunan konektivitas KRL sampai ke Palur ini bisa membuat semakin banyak masyarakat yang dapat dilayani dan memanfaatkan layanan KRL ini," kata Putu.

Ia juga menginginkan, perpanjangan lintas layanan KRL ini bisa memicu produktivitas masyarakat.

"Kami ingin penyediaan konektivitas ini bisa memperlancar pergerakan masyarakat, baik aktivitas ekonomi maupun sosial. Mobilitas masyarakat yang efisien akan menggerakkan kegiatan ekonomi dan tentunya membantu meningkatkan produktivitas,” beber Putu.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diterjang Arus Bengawan Solo, Jembatan Sesek Hanyut

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:25 WIB

Abipraya Arena Diluncurkan, Jadi Area Esport Jateng

Minggu, 25 September 2022 | 17:17 WIB
X