Pemkab Karanganyar Tiadakan Mudik Gratis Tahun Ini

- Jumat, 8 April 2022 | 18:22 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran (Pixabay /Carlovenson)
Ilustrasi mudik Lebaran (Pixabay /Carlovenson)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Program mudik gratis, yang biasanya digelar Pemkab Karanganyar menjelang Lebaran, tahun ini belum diadakan kembali.

Pasalnya, Pemkab belum menyiapkan anggaran untuk keperluan tersebut. Saat APBD 2022 ditetapkan, asumsinya pemerintah masih melarang mudik karena pandemi Covid-19 belum usai.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar Bambang Prasetyo mengatakan, pemerintah pusat mengizinkan mudik Lebaran pada Maret 2022. Sedangkan APBD 2022 ditetapkan Desember 2021 lalu.

Baca Juga: Abaikan Prokes, Ratusan Warga di Boyolali Terjaring Razia

"Saat pengajuan APBD 2022, kami belum berani menganggarkan. Saat mudik diizinkan, sudah telanjur tidak dianggarkan," katanya, Jumat (8/4).

Tidak adanya program mudik gratis, sudah disampaikan kepada paguyuban perantau asal Karanganyar di Jakarta.

"Sudah kami sampaikan, kalau tahun ini belum ada mudik gratis. Terakhir mudik gratis tahun 2019. Jadi sudah tiga tahun, tidak ada mudik gratis," ujarnya.

Baca Juga: Kabupaten Sukoharjo Punya Monumen Knalpot Brong 'Elang Danadyaksa' di Jalan Ir Soekarno Solo Baru

Meski demikian, Dishub tetap memantau gelombang pemudik yang datang di Karanganyar, baik yang menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Koordinator Paguyuban Warga Karanganyar (Pagaranyar) Sukirdi Suryo mengaku sudah menerima pemberitahuan, bahwa tahun ini belum ada program mudik gratis dari pemerintah.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Lama Karanganyar Pensiun, Siapa Penggantinya?

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:47 WIB
X