Lima Kecamatan di Klaten Termasuk Miskin Ekstrem, Mana Saja dan Apa Upaya Bupati

- Jumat, 8 April 2022 | 18:45 WIB
Ilustrasi kemiskinan. (SMSolo/dok)
Ilustrasi kemiskinan. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Klaten menjadi salah satu dari 19 kabupaten di Jawa Tengah dengan angka kemiskinan ekstrim. Dari 26 kecamatan, ada 5 kecamatan yang masuk katagori kemiskinan ekstrim.

"Memang ada lima kecamatan yang masuk kemiskinan ekstrim, kami sudah persiapan upaya-upaya untuk mengatasi kemiskinan di sana," kata Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi Kepala Dinsos P3AKB Klaten, Much Nasir.

Kelima kecamatan di Kabupaten Klaten yang termasuk daerah dengan kemiskinan ekstrim adalah Kecamatan Jatinom, Kecamatan Wonosari, Kecamatan Wedi, Kecamatan Trucuk, dan Kecamatan Karangnongko.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Tiadakan Mudik Gratis Tahun Ini

"Kami sudah siapkan langkah yang akan dilakukan. Nanti kegiatannya akan masuk di anggaran perubahan," kata Bupati Sri Mulyani di Gedung Sunan Pandanaran, Jumat (8/4/22).

Dalam data yang dirilis Kementerian Dalam Negeri. Ada beberapa kriteria yang menyebabkan lima kecamatan itu termasuk golongan daerah dengan kemiskinan ekstrem, salah satunya kondisi rumah yang dinilai belum layak huni.

Baca Juga: Abaikan Prokes, Ratusan Warga di Boyolali Terjaring Razia

"Ada sekitar 19 ribu rumah di lima kecamatan itu yang membutuhkan anggaran cukup besar untuk direnovasi. Nanti akan kami pikirkan bersama jalan keluarnya," tegas Bupati Sri Mulyani.

Selain itu, pendapatan perkapita dan sejumlah indikator lain juga perlu mendapat perhatian, agar Klaten terbebas dari kemiskinan ekstrem. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Klaten Gelar Musda VIII Di Masjid Al Aqsha

Rabu, 7 Desember 2022 | 21:34 WIB

Peringati Hari AIDS, KPA Kampanye di Arena CFD Klaten

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:25 WIB
X