Seribu Warga Solo Bakal Dapat Kompor Induksi dan Tambah Daya Listrik Gratis

- Kamis, 28 April 2022 | 20:40 WIB
PLN menandatangani kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terkait program pilot project konversi dari kompor gas ke kompor induksi. (SMSolo/Evie K)
PLN menandatangani kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terkait program pilot project konversi dari kompor gas ke kompor induksi. (SMSolo/Evie K)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Sebanyak 1.000 warga tidak mampu dan pelaku UMKM bakal menjadi peserta pilot project konversi dari kompor gas ke kompor induksi.

Rencananya, program konversi ini akan efektif beroperasi mulai Juni tahun ini.

"Saat ini PLN menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk melakukan pendataan ulang dan sosialisasi pada masyarakat," papar Manajer PLN UP3 Surakarta, Joko Hadi Widayat usai penandatanganan kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) terkait pelaksanaan pilot project pengalihan energi berbasis impor menjadi domestik.

Baca Juga: Pandu Pemudik Hindari Titik Rawan Macet Lebaran 2022 di Solo, Dishub Pasang Ratusan Rambu Portabel

Dikemukakan, sebanyak 1.000 peserta program itu telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Seribu peserta pilot project ini berasal dari 16 kelurahan di Kota Bengawan. Joko menyebut pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman serta Pertanahan (Disperum KPP) Kota Surakarta.

Baca Juga: Jelang Lebaran 2022, Toserba di Wonogiri Mulai Ramai Pengunjung

Untuk validasi lokasi kelompok penerima manfaat yang sudah disahkan melalui surat keputusan (SK) dinas terkait.

Dalam program ini sekaligus dilakukan penambahan daya secara gratis. Tarifnya tetap, lantaran disubsidi pemerintah. Pasalnya, kelompok masyarakat ini umumnya berdaya 450 dan 900 watt.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Broiler Melejit Hingga Rp 42 Ribu per Kg

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diterjang Arus Bengawan Solo, Jembatan Sesek Hanyut

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:25 WIB

Abipraya Arena Diluncurkan, Jadi Area Esport Jateng

Minggu, 25 September 2022 | 17:17 WIB
X