Buka Bersama Menu Ayam Bakar, Puluhan Warga di Solo Keracunan Makanan

- Senin, 2 Mei 2022 | 00:29 WIB
Tim Relawan gabungan mengevakuasi warga pusangsawit, jebres yang diduga mengalami keracunan untuk dibawa ke rumah sakit, Minggu (1/5) malam.  (SMSolo/dok)
Tim Relawan gabungan mengevakuasi warga pusangsawit, jebres yang diduga mengalami keracunan untuk dibawa ke rumah sakit, Minggu (1/5) malam. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Puluhan warga di Kampung Pucangsawit, Jebres, Solo diduga mengalami keracunan massal usai makan takjil jenis ayam bakar saat buka bersama.

Berdasar informasi yang dihimpun, keracunan massal terjadi di Pucangsawit RT 001 RW 001 setelah buka bersama di masjid setempat, Sabtu (30/4/2022).

Sehari kemudian yakni Minggu (1/5/2022), 49 warga yang ikut santap takjil mengalami gejala keracunan seperti muntah, mual dan pusing dilarikan ke Rumah Sakit Peduli Solo dan RSUD dr Moewardi, Jebres, Solo.

Baca Juga: Pemudik Meninggal Dunia dalam Bus di SPBU Sebelah Terminal Klaten

Pada Minggu sore, sebanyak 48 warga sudah kembali ke rumah masing-masing dan 1 warga masih menjalani rawat Rumah Sakit Moewardi. 

Terkait kejadian itu, anggota SAR Rajawali Merah Putih, Luthfi Ahmad Rifai mengatakan masih menggali informasi tersebut.

Info yang dia dapat kejadian tersebut terjadi Sabtu dan warga baru merasakan pada hari Minggu.

Baca Juga: Lebaran 2022, Jumlah Kendaraan Mudik Catat Rekor Baru

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan telah melalukaan pengambilan sempel makan bekas untuk buka puasa.

"Pertama kita telah mengambil sampel makanan yang diduga mengakibatkan keracunan massal, dari Masjid. Saat ini kita akan kirim untuk barang bukti tersebut laboratorium forensik Polda Jawa Tengah untuk dilakukan pemeriksaan terhadap unsur-unsur di dalam makanan yang diduga mengakibatkan keracunan," tegas Kapolresta saat berada di Pos Pelayanan Terpadu di kawasan Benteng Vastenburg, Minggu malam.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X