Warga Terdampak Limbah Bau PT RUM Datangi DPRD Sukoharjo

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:32 WIB
Warga terdampak limbah bau PT RUM melakukan audensi dengan anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo, Kamis (12/5).  (SMSolo/Heru S)
Warga terdampak limbah bau PT RUM melakukan audensi dengan anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo, Kamis (12/5). (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo. com - Puluhan warga terdampak limbah bau PT RUM mendatangi DPRD Kabupaten Sukoharjo, Kamis (12/5).

Meski datang dengan jumlah yang cukup banyak, namun hanya perwakilan saja yang diterima untuk audensi dengan anggota DPRD, serta OPD terkait lainnya di Gedung B DPRD.

Dalam keluh kesahnya, warga yang sudah mengalami dampak PT RUM sejak tahun 2017 itu menyampaikan, sudah kehilangan cara untuk bisa menghirup udara segar. Sebab sejak bertahun-tahun, upaya yang dilakukan tidak kunjung membuahkan hasil.

Baca Juga: Update Kecelakaan Sopir Kelinci di Boyolali, Sopir Masih Dirawat Polisi Belum Bisa Minta Keterangan

"Kita sudah hampir enam tahun hidup dengan limbah bau, dan pencemaran lingkungan yang ditimbulkan PT RUM. Berbagai upaya mulai demo dan dialog sudah dilakukan tetapi belum membuahkan hasil. Limbah bau tetap saja mengganggu warga masyarakat," kata Abdullah, salah satu perwakilan warga.

Karena itu warga mulai bertanya, apakah pemerintah sudah tidak sayang lagi dengan warga. Sebab sudah enam tahun PT RUM tetap saja tidak bisa mengatasi bau, tetapi juga tidak ada tindakan tegas dari pemerintah.

Baca Juga: Di DKI Jakarta, Ditemukan 21 Kasus Hepatitis Akut, 3 Anak Meninggal

"Bahkan anak-anak sekolah jauh sebelum ada pandemi Covid-19 sudah mengenakan masker. Karena bau yang ditimbulkan PT RUM sangat menyengat dan mengganggu," imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sumo, warga lainnya. Menurutnya, dalam kondisi seperti ini dia mengungsi ke tempat saudaranya di Sleogiri Wonogiri. Sebab dia dan keluarganya sudah begitu tersiksa dengan limbah PT RUM.

Baca Juga: Ditolak PN Purwokerto, Transgender asal Banyumas Ajukan Kasasi ke MA

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pegawai Non ASN di Sukoharjo Bentuk Itenas

Jumat, 24 Juni 2022 | 16:05 WIB
X