518 Sapi Di Pasar Hewan Prambanan Sehat, 33 Suspect PMK Terus Dipantau

- Selasa, 17 Mei 2022 | 20:15 WIB
Bupati Klaten Sri Mulyani Cek Pasar Hewan Prambanan. (SMSolo/dok)
Bupati Klaten Sri Mulyani Cek Pasar Hewan Prambanan. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten terus melakukan cek kesehatan pada 518 ternak sapi di Pasar Hewan Prambanan, Klaten, Selasa (17/5/22).

Pengecekan untuk antisipasi penyakit kuku dan mulut. Dalam pengecekan semuanya sapi terpantau sehat.

Bupati Klaten, Sri Mulyani SM didampingi Asisten 2 Sekda Klaten Ir Tajudin Akbar, Kepala DKPP Klaten Ir Widiyanti MSi, Kepala Dinas Perdagangan UMKM dan Koperasi Supriyanto, Dispermasdes, Bappeda, Dinkes dan sejumlah pejabat, turun langsung.

Baca Juga: Kejari Karanganyar Temukan Potensi Kerugian Negara Dugaan Penyimpangan Bumdes Berjo Rp 700 Juta

"Total ada 518 ternak di Pasar Hewan Prambanan yang dicek kesehatannya oleh petugas kami, alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat,’’ kata Kepala DKPP Klaten, Widiyanti.

Bupati Sri Mulyani mengatakan, SOP yang diterapkan dalam antisipasi penularan PMK di pasar hewan sudah dijalankan dengan baik. Setiap pintu masuk ke pasar dijaga dan ternak langsung diperiksa oleh tim dokter.

Baca Juga: Jenazah Bapak dan Anak Korban Kecelakaan Maut di Boyolali Diambil Keluarga dari Jombang

"Setelah ternak yang akan dijual dipastikan dalam kondisi sehat oleh tim dokter hewan, baru diperbolehkan masuk pasar. Saya lihat semuanya sehat," kata Sri Mulyani.

Menurut Bupati PMK tidak begitu berpengaruh pada perdagangan sapi di wilayah Klaten.

Hal itu terbukti masih ramainya jual beli sapi di Pasar Hewan Prambanan. Ratusan sapi memadati pasar setiap hari pasaran Pon.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X