Antisipasi PMK, Pemantauan Pasar Hewan Diintensifkan. Karanganyar Sejauh Ini Aman

- Kamis, 19 Mei 2022 | 06:01 WIB
Petugas mengecek kondisi sapi yang diperjualbelikan di Pasar Hewan Karangpandan, Rabu (18/5/2022).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Petugas mengecek kondisi sapi yang diperjualbelikan di Pasar Hewan Karangpandan, Rabu (18/5/2022). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka–solo.com - Pemantauan sapi untuk pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Karanganyar terus intensif dilakukan.

Rabu (18/5/2022), tim Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Dispertan PP) terjun ke Pasar Hewan Karangpandan, memantau hewan ternak di pasar tersebut.

Hasilnya, tidak ditemukan hewan yang terindikasi PMK.

Petugas menemukan sejumlah sapi dengan suhu badan mencapai 39 derajat celcius, serta sapi yang mulutnya berbusa.

Baca Juga: Lagi, Ditemukan 28 Ternak Sapi di Boyolali Suspek PMK

Meskipun setelah diperiksa lebih lanjut, kondisi tersebut dinilai normal. Sapi-sapi tersebut tidak mengalami demam.

Sekretaris Dispertan PP Karanganyar Riyanto Sujudi mengatakan, pengecekan hewan untuk memastikan bebas dari PMK dilakukan secara intensif.

"Sejauh ini, tidak ditemukan PMK di Karanganyar. Dalam pengecekan hari ini, kondisi sapi juga bagus. Ada yang suhunya 39 derajat, tapi masih dalam batas normal. Sapi yang mulutnya berbusa, juga setelah dicek, kondisinya sehat. Tidak ada yang terindikasi PMK," katanya.

Baca Juga: Terkait Wabah PMK, Masyarakat Diminta Tidak Panik

Dalam pengecekan tersebut, petugas mengingatkan pada pedagang untuk melengkapi surat kesehatan terhadap hewan yang diperdagangkan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X