Siapkan Regenerasi Petani, Pemkab Sukoharjo Deklarasikan Petani Milenial

- Kamis, 19 Mei 2022 | 13:03 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani mendeklarasikan Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang Tami) di Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Kamis (19/5). (SMSolo/Heru S)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani mendeklarasikan Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang Tami) di Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Kamis (19/5). (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Upaya Pemkab Sukoharjo untuk melakukan regenerasi petani diwujudkan dalam Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang Tami).

Deklarasi Gerbang Tami digelar di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo, Kamis (19/5).

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno mengatakan, latar belakang deklarasi petani milenial dilakukan setelah melihat kondisi Kabupaten Sukoharjo yang menjadi salah satu lumbung pangan.

Baca Juga: Jelang Laga Semifinal, Timnas U-23 Tidak Gentar Hadapi Thailand

Ada puluhan ribu hektar lebih lahan pertanian tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Sukoharjo.

"Mayoritas usia petani di Kabupaten Sukoharjo sekarang sudah tua, karena itu perlu dilakukan regenerasi sejak sekarang oleh Pemkab Sukoharjo. Salah satunya diwujudkan dengan mendeklarasikan petani milenial atau Gerbang Tami," jelas Bagas.

Menurut Bagas, Pemkab Sukoharjo sangat serius dalam regenerasi petani salah satunya dengan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup).

Baca Juga: Pensiunan Guru yang Tewas Terbakar di Plosowangi, Cawas Alami Patah Kaki

Diharapkan dukungan besar ini mampu meningkatkan kualitas petani dan hasil pertanian di Kabupaten Sukoharjo.

"Target kami ada 1.000 petani muda. Para petani milenial ini yang akan meneruskan petani sekarang mengingat usia mereka sudah tua. Dengan demikian maka sektor pertanian akan maju," tandasnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pegawai Non ASN di Sukoharjo Bentuk Itenas

Jumat, 24 Juni 2022 | 16:05 WIB
X