Prasasti Sarungga, Bukti Tingginya Peradaban Manusia di Lereng Timur Merapi- Merbabu

- Kamis, 26 Mei 2022 | 14:03 WIB
Warga menunjukkan prasasti Sarungga yang berada di tengah areal ladang Dukuh Womosegoro, Desa/Kecamatan Cepogo.    (SMSolo/Joko Murdowo)
Warga menunjukkan prasasti Sarungga yang berada di tengah areal ladang Dukuh Womosegoro, Desa/Kecamatan Cepogo. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Di Boyolali ada sebuah prasasti batu yang dinilai sangat penting. Sayangnya, prasasti tersebut kondisinya kurang terawat.

Prasasti Sarungga namanya, hingga kini masih berada di tempat ditemukan. Yaitu di sebuah ladang milik Sarwi di Dukuh Wonosegoro, Desa/Kecamatan Cepogo. Sebagian batu diduga masih terpendam dalam tanah.

Menurut Ketua Boyolali Heritage Society (BHS) Kusworo, prasasti tersebut bertuliskan, swa sti ?a ka wa r?? t? ta 8 2 3 jye ??a ma sa pa ñca mi ?u kla ha wa so k? la ni ki pa ta p? n ri ?a r? ?ga n? m?...

Baca Juga: Sah! Adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman Kini Berstatus Suami Istri

Jika diterjemahkan artinya adalah, "Selamat tahun ?aka yang telah lalu 823 pada bulan Jyesta tanggal 5 bagian bulan terang. Haryang (hari bersiklus 6), Wagai (hari bersiklus lima), Soma (hari bersiklus tujuh atau Senin), pada saat ini (terdapat) pertapaan di ?ar??ga (yang) hendaklah dinamai ...".

“Penerjemahan itu dibantu mahasiswa arkeologi UGM. Prasasti ditulis menggunakan aksara Jawa Kuno. Ada empat baris tulisan, sayangnya bait terakhir sudah tidak bisa dibaca,” katanya, Kamis (26/5).

Baca Juga: Senpi Ilegal yang Dijual Lewat Medsos, Hasil Modifikasi Airsoft Gun

Dijelaskan, berdasarkan penelitan tersebut juga telah dilakukan konversi penanggalan dari Saka ke Masehi. Sesuai penulisan tersebut disebut pada tanggal 25 bulan Mei tahun 901 Masehi.

Jika ditarik ke tahun sekarang sudah 1.121 tahun silam.

“Berarti pada saat itu masyarakat di kawasan lereng timur Gunung Merapi- Merbabu Boyolali sudah memiliki peradaban luhur. Masyarakat sudah mengenal budaya menulis.”

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kecelakaan Maut di Boyolali, Satu Tewas

Sabtu, 2 Juli 2022 | 22:13 WIB

Pemkab Boyolali Tutup Tiga TPA Liar

Jumat, 1 Juli 2022 | 13:41 WIB

PMI Boyolali Gelar Bimtek Penanggulangan Bencana

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:05 WIB
X