Pengumuman! Mulai Besok Pagi, Seluruh Pasar Hewan di Boyolali Ditutup

- Kamis, 26 Mei 2022 | 15:20 WIB
Pasar Hewan Jelok, Kecamatan Cepogo terlihat ramai pada hari pasaran pahing, Kamis (26/5).   Pemkab Boyolali akan menutup sementara seluruh pasar hewan. (SMSolo/Joko Murdowo)
Pasar Hewan Jelok, Kecamatan Cepogo terlihat ramai pada hari pasaran pahing, Kamis (26/5). Pemkab Boyolali akan menutup sementara seluruh pasar hewan. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Guna mengantisipasi merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi, Pemkab Boyolali mengambil tindakan menutup pasar hewan. Penutupan dilakukan mulai 27 Mei sampai 10 Juni mendatang.

“Sedangkan untuk Pasar Hewan Jelok Kecamatan Cepogo masih dibuka hari Kamis (26/5) ini,” ujar Kepala UPT Pasar Hewan Disperindag Sapto Hadi Darmono.

Dijelaskan, penutupan berlaku untuk lima pasar hewan di seluruh Boyolali. Yaitu, Pasar Hewan Jelok, Pasar Hewan Karanggede, Pasar Hewan Nogosari, Simo dan Ampel. Penutupan ini dalam rangka penanggulangan dan pengendalian PMK.

Baca Juga: Sah! Adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman Kini Berstatus Suami Istri

”Kami sudah memberitahu lewat perkumpulan pedagang ternak maupun memasang pengumuman di seluruh pasar hewan.”

Penutupan ini dilakukan untuk membatasi lalu lintas ternak dari luar daerah agar tidak masuk ke Boyolali. Meski hasil pemeriksaan ternak di pasar hewan masih nihil temuan. Namun, hal tersebut menjadi kewaspadaan bagi pemkab.

Baca Juga: Ngaku TNI Jual Senjata Api Lewat Medsos, Warga Sukoharjo Ditangkap Polres Klaten

“Untuk di pasar sampai hari belum ada temuan. Memang ada temuan ternak suhu badan tinggi, tapi bukan PMK. Dan langsung diobati dan dipantau dari dokter hewan dari Puskeswan terdekat.”

Senada, Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan (Disnakan) Boyolali, Lusia Dyah Suciati mengakui, pihaknya telah mengajukan permohonan penutupan pasar hewan kepada Bupati.

Bahkan, permohonan tersebut sudah disetujui. Penutupan sementara pasar hewan berlangsung selama 15 hari.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rem Blong, Truk Trailer Gasak Avanza di Boyolali

Senin, 27 Juni 2022 | 10:35 WIB

Boyolali Menerima Jatah 1.500 Dosis Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 15:58 WIB

7.927 Ternak Di Boyolali sudah Ditracing

Selasa, 21 Juni 2022 | 18:25 WIB
X